Breaking News:

Universitas Nasional Karangturi

Merancang Karier di Masa Pandemi

Proses rekrutmen karyawan bisa jadi tidak ada tatap muka langsung, sehingga “branding” atau citra diri seseorang menjadi sangat menentukan.

Editor: abduh imanulhaq
IST
Puspita Puji Rahayu SPsi MSi, Dosen Program Studi Psikologi Universitas Nasional Karangturi 

Oleh: Puspita Puji Rahayu SPsi MSi, Dosen S1 Psikologi Unkartur Semarang

ADA beberapa hal yang perlu Anda siapkan, agar bisa mulai merancang karier di masa pandemi covid-19. Di antaranya yakni Anda perlu memiliki “branding” yang kuat.

Anda perlu memupuk “citra diri” yang bagus dan berkualitas, karena hal ini akan menjadi daya tarik pihak lembaga atau instansi atau perusahaan terhadap Anda.

Mengapa “branding” atau citra diri ini sangat penting bagi mereka yang ingin berkarier di masa pandemi? Hal ini karena proses rekrutmen karyawan di masa pandemi, bisa jadi berbeda dengan kondisi biasa. Jika kondisi biasa seringkali proses rekrutmen pegawai dilakukan secara langsung, misalnya wawancara calon pegawai dilakukan dengan tatap muka secara langsung, maka di masa pandemi kondisinya akan lain. 

Proses rekrutmen karyawan bisa jadi tidak ada tatap muka langsung, sehingga “branding” atau citra diri seseorang menjadi sangat menentukan. Bisa saja pihak HRD suatu perusahaan hanya melihat CV beberapa pelamar, dan yang memang sudah punya “citra diri” bagus langsung direkrut sebagai karyawan.

Bagaimana cara meningkatkan “branding” atau citra diri ? Bisa dilakukan dengan penayangan sejumlah karya Anda lewat Youtube, Instagram, Twitter, Facebook dan sejumlah media sosial lain.  Selain branding atau citra diri, hal yang perlu diperhatikan saat merancang karier di masa pandemi yakni tentang pembentukan jaringan atau networking.

Buat jaringan kerjasama dengan rekan dari segala elemen, agar pergaulan semakin luas. Dalam membentuk jaringan tersebut, bisa dilakukan dengan memperbanyak komunitas dan memanfaatkan medsos. Dalam kaitan inilah fungsi medsos bisa berubah menjadi sangat positif dan bermanfaat. 

Di saat pandemi sekarang ini, ada kemungkinan wawancara kerja atau job interview yang biasanya dilakukan secara langsung oleh pihak HRD terhadap calon pegawai, dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau secara online. Sehingga dalam proses melamar kerja di masa pandemi, Anda juga harus siap jika sewaktu-waktu diminta wawancara kerja lewat online.

Untuk melatih wawancara kerja lewat online ini, Anda bisa duduk di depan laptop dan menerangkan siapa Anda dan apa kelebihan dan kekurangan Anda. Bayangkan Anda berhadapan dengan pewawancara secara langsung.

Saat Anda ingin berkarier di sebuah perusahaan atau industri tertentu, maka sebaiknya Anda perhatikan rekam jejak perusahaan atau industri tersebut di masa pandemi. Hal ini sangat penting karena sejak adanya pandemi covid-19 kondisi perusahaan atau industri banyak yang bergeser secara drastis.

Ada beberapa perusahaan yang justru maju dengan adanya pandemi, namun kebanyakan hadirnya pandemi justru membuat sejumlah perusahaan atau industri yang semula lancar dan memiliki prospek bagus, tiba-tiba jadi terancam gulung tikar. 

Maka pastikan bahwa perusahaan yang akan Anda lamar tetap sehat meski dihadang permasalahan pandemi. Jika memungkinkan carilah perusahaan yang bisa eksis, dan justru berkembang pesat di saat pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Sejumlah perusahaan yang justru omsetnya naik dan kinerjanya bagus di masa-masa pandemi, di antaranya adalah perusahaan yang berkaitan dengan IT serta yang terkait dengan game model terbaru.

Perusahaan yang memproduksi game seperti Sony di Jepang misalnya, omsetnya justru melonjak drastis saat pandemi karena produk game sangat laris. Saat pandemi banyak orang di rumah, tidak beraktivitas di luar rumah, justru produk game sangat laris karena untuk hiburan banyak warga yang main game. (*)

Informasi lebih lanjut : Jl. Raden Patah No. 182-192, Semarang. Telp. 024-3545882/08112710322 atau IG @universitasnasionalkarangturi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved