Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Unit Klinik Tani Unsoed Purwokerto Wujudkan Agrowisata Kopi Robusta Organik Banjarnegara

Unit Klinik Tani yang merupakan salah satu UKM di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Pegiat unit Klinik Tani Unsoed dan Kopi Robusta Unggulan Banjarnegara 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Unit Klinik Tani yang merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berperan aktif dalam pemberdayaan masyarakat desa.

Kegiatan konkrit yang dilaksanakan oleh UKM Unit Klinik Tani adalah melalui keikutsertaannya dalam hibah kompetitif Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Kegiatan PHP2D dilaksanakan di Desa Pesangkalan, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara.

Desa Pesangkalan memiliki potensi sumberdaya alam yang indah, salah satunya yang mulai dikelola untuk kegiatan pariwisata adalah Curug Pletuk.

Selain itu, juga memiliki komoditas pertanian unggulan yaitu kopi robusta yang dibudidayakan secara organik, palawija, dan singkong.

Sayang, potensi ini belum digarap secara optimal sehingga belum terlalu berdampak terhadap perekonomian masyarakat desa.

Kondisi tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan dan informasi masyarakat setempat terkait bagaimana cara mengelola potensi desa sebagai sumber pendapatan masyarakat.

Tim pelaksana PHP2D Unit Klinik Tani hadir menawarkan beberapa program untuk memadukan potensi alam, pertanian dan peternakan menjadi agrowisata pertanian terpadu.

Tim Unit Klinik Tani Unsoed dan Petani Kopi Robusta Desa Pesangkalan Banjarnegara
Tim Unit Klinik Tani Unsoed dan Petani Kopi Robusta Desa Pesangkalan Banjarnegara (IST)

Tim yang diketuai oleh Ilham Filsa Satria N (Agroteknologi 2019) ini beranggotakan 14 mahasiswa yaitu Akmal Ryan M, Jeane Claudea T, Umi Kholilah, Rozaq Dwi N, Fahri Rezkiyandi, Dafa Garin N, Wahyu Darina, Ayub Pramana, Hardi Rahmat R, Andika Afurauf, Amelia Putri H, Dwi Wahyu, Aji Mulyo, dan
Revita Amalia.

Ilham Filsa Satria N mengatakan PHP2D diawali Focus Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan pada 7 Agustus 2021 dengan melibatkan mitra sasaran kegiatan yaitu Kelompok Tani Sido Makmur dan Kelompok Sadar Wisata Simo Agung serta Ibu-Ibu PKK.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved