Breaking News:

Berita Semarang

Kesempatan Bekerja di Luar Negeri Terbuka Lebar bagi Pelaut Indonesia

PBA gelar kuliah umum bertema Potensi Kadet untuk Menunjang Kegiatan di Bidang Pelayaran.

Penulis: mamdukh adi priyanto | Editor: sujarwo
Dok. Politeknik Bumi Akpelni
Suasana kuliah umum Politeknik Bumi Akpelni yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan. 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Politeknik Bumi Akpelni (PBA) menyelenggarakan kuliah umum dengan tema 'Potensi Kadet untuk Menunjang Kegiatan di Bidang Pelayaran baik Tingkat Nasional maupun Internasional, Kamis (2/9/2021).

Direktur PBA, Capt Cahya Fajar Budi Hartanto menuturkan, hadirnya praktisi mengajar di kampus merupakan implementasi dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Seperti diketahui, PBA berhasil menerima predikat terbaik kedua untuk kategori politeknik atau sekolah tinggi pada Anugerah MBKM yang diselenggarakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah.

"Kehadiran industri, dunia usaha, dan dunia kerja di kampus merupakan wujud komitmen lembaga dalam mempertahankan mutu lulusan yang selalu plug and play (cocok) dengan kebutuhan pasar," kata Cahya Fajar, dalam pesan tertulis, Jumat (3/9/2021).

Politeknik Bumi Akpelni, lanjutnya, berkomitmen untuk mencetak lulusan dengan kualitas minimal setara dengan lulusan perguruan tinggi lain terutama perguruan tinggi negeri.

"Saat ini di dunia kerja, yang diadu adalah kualitas. Pasar yang akan menilai kualitas suatu lembaga pendidikan tinggi dari kualitas lulusan yang telah mereka pakai," jelasnya.

Dengan praktisi mengajar, para taruna mendapatkan wawasan langsung dari user tentang hal-hal yang harus menjadi perhatian selama belajar. Agar kelak ketika lulus bisa langsung terserap di dunia kerja.

Untuk itu, kata dia, baik lembaga maupun taruna bisa melakukan analisis antara kebutuhan atau kualifikasi industri dengan dunia kerja.

"Dengan begitu, taruna maupun lulusan Politeknik Bumi Akpelni dapat parktik, maupun terserap di dunia kerja. Tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri," ujarnya.

Kuliah Umum yang digagas Program Studi Nautika ini menghadirkan narasumber Capt Edy Sukandar selaku Crewing Manager PT Cipta Wira Tirta (NYK Ship Management).

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved