Breaking News:

Berita Nasional

Ini 2 Penyebab Bocornya Data Sertifikat Vaksin Covid-19 & NIK Jokowi Menurut Pakar

Ramai bocornya data pribadi Presiden Jokowi berupa sertifikat vaksin Covid-19 dan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Menurut pakar digital forensik Ruby

Editor: m nur huda
Google Cache situs KPU
Tangkapan layar situs KPU yang menampilkan data Presiden Joko Widodo dilihat menggunakan Google Cache. 

TRIBUNJATENG.COM - Ramai bocornya data pribadi Presiden Jokowi berupa sertifikat vaksin Covid-19 dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menurut pakar digital forensik Ruby Alamsyah terdapat dua faktor penyebab bocornya data pribadi Presiden Jokowi.

Ia menjelaskan kepada Kompas.com, Sabtu (4/9/2021), kasus ini bermula dari warganet yang menemukan NIK Jokowi di internet.

Kemudian, warganet tersebut mencoba fitur https://pedulilindungi.id/periksa-sertifikat dan memasukkan 5 data Jokowi yang dibutuhkan, yaitu nama, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksin, dan jenis vaksin.

"Semua data tersebut dimasukkan dengan benar dan sistem Pedulilindungi menampilkan Sertifikat Vaksin Pak Jokowi. Hasil tersebut diposting di media sosial dan viral," ungkap Ruby pada Kompas.com, Sabtu (4/9/2021).

Setidaknya ada 2 penyebab bocornya sertifikat vaksin Covid-19 Jokowi. Menurut Ruby, terdapat kesalahan fatal dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), karena masih menampilkan informasi pribadi Jokowi di lamannya.

Dari pantauan Ruby, NIK Jokowi ditampilkan secara utuh di situs KPU sejak 2019 sampai Jumat (3/9/2021) sore pukul 16.00 WIB.

"Situs KPU sejak tahun 2019 menampilkan informasi pribadi Calon Presiden, salah satunya pak Jokowi. Dan NIK beliau ditampilkan secara lengkap," ujar Ruby.

Bukti pendukung, lanjut Ruby, adalah situs https://infopemilu2.kpu.go.id/pilpres/calon/jokowi sudah tidak aktif sejak kemarin sore.

Namun, dari situs Google Cache bisa dilihat bahwa sebelumnya situs itu menampilkan data pribadi Jokowi yang cukup lengkap.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved