Breaking News:

Berita Banten

Kisah Pilu Sopir Truk Tertahan 2 Bulan di Pelabuhan hingga Jual Cincin Nikah Demi Bertahan Hidup

Kisah pilu datang dari para sopir truk asal Nusa Tenggara Timur(NTT) yang telantar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat demi bertahan hidup.

ANTARA FOTO/WELI AYU REJEKI
Dermaga IV Pelabuhan Merak 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Kisah pilu datang dari para sopir truk asal Nusa Tenggara Timur(NTT) yang telantar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat demi bertahan hidup.

Para sopir truk terpaksa jual cincin nikah hingga tidur di kolong truk.

Mereka kehabisan bekal setelah dua bulan tertahan di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Mereka menjual barang berharga termasuk cincin nikah untuk biaya makan dan kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diutarakan sopir truk asal Kabupaten Sumba Timur, NTT bernama Yan Rara Lunggi (23) yang harus menjual cincin nikah.

”Mau tidak mau dengan adanya tuntutan kebutuhan rumah tangga, barang yang ada harus kami jual untuk bertahan hidup di sini dan anak istri di rumah,” kata Yan, Jumat(3/9).

Hampir seluruh barang berharga miliknya sudah dijual. Oleh karena itu, dengan terpaksa Yan harus menjual cincin pernikahannya dengan Meryati Tamu Ina (22). Cincin seberat 2 gram tersebut dijual seharga Rp 1,2 juta.

Alasan menjual cincin itu, kata Yan, karena hanya benda itu yang bisa mendatangkan uang cukup untuk kebutuhan sehari-hari di Pelabuhan Lembar. Sebagian uang hasil penjualan cincin juga dikirim ke istrinya di rumah.

Istri dan anaknya di kampung halaman juga membutuhkan biaya hidup. ”Karena anak masih kecil (dikasi) untuk biaya beliin susu,” katanya.

Menikah dengan Meryati, Yan Rara baru dikaruniai seorang balita berusia 1,9 tahun. Selama tertahan di Pelabuhan Lembar, dia selalu memikirkan nasib anak istrinya di kampung halaman.

”Soal cincin kawin tidak masalah sih (dijual) yang penting bisa bertahan hidup. Cuma kalau nanti barang yang mau dijual sudah tidak ada, kita mau dapat uang darimana lagi,” katanya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved