Breaking News:

Berita Pendidikan

Peringati Hapernas 2021, Kementerian PUPR Gandeng UKSW Tanam Pohon di Rusun Mahasiswa

Upaya Kementerian PUPR memilih perguruan tinggi sebagai prioritas gerakan penghijauan ini disambut positif oleh pimpinan UKSW

Penulis: hermawan Endra | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Hermawan
Peringati Hapernas 2021, Kementerian PUPR Gandeng UKSW Tanam Pohon di Rusun Mahasiswa 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menjadi salah satu universitas yang digandeng oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk melaksanakan program penghijauan dengan melakukan penanaman pohon pada peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) Tahun 2021.

Penanaman pohon dilakukan di kompleks rusun mahasiswa Kampus UKSW Jalan Dr. O. Notohamidjojo Blotongan, Jumat (3/9) pagi. Selain di UKSW, penanaman pohon juga dilaksanakan di Universitas PGRI Semarang.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa III, Ditjen Perumahan Kementerian PUPR, M Mulya Permana yang hadir secara virtual menyatakan hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penghijauan guna mendorong terwujudnya lingkungan yang asri.

Selain itu, upaya ini juga tak lepas dengan tujuan untuk mendorong kesadaran mahasiswa agar turut aktif menjaga lingkungan dan mendukung mitigasi perubahan iklim di Indonesia. Selain pada rusun perguruan tinggi, penanaman ini juga dilakukan pada rusun aparatur sipil negara dengan total 50 pohon yang tersebar di beberapa lokasi di Jawa Tengah.

“Pohon yang ditanam merupakan pohon produktif yakni yang menghasilkan buah atau sayur dan pohon peneduh. Beberapa diantaranya yaitu pohon mangga, jeruk sunkist dan kelengkeng. Adapun pohon peneduh yang ditanam yakni ketapang kencana, gaharu serta tanjung dengan diameter lima sentimeter dan tinggi minimal satu setengah meter,” imbuhnya.

Upaya Kementerian PUPR memilih perguruan tinggi sebagai prioritas gerakan penghijauan ini disambut positif oleh pimpinan UKSW.

Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan UKSW Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs. menyebut bahwa program ini sejalan dengan program kemahasiswaan yang ditanamkan melaui Skenario Pola Pengambangan Mahasiswa (SPPM) UKSW.

Kecintaan terhadap lingkungan dan upaya turut serta merawat keasrian lingkungan telah dipersiapkan bagi mahasiswa baik dari sisi humanistic maupun professional skill. 

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami warga UKSW dapat terlibat dalam program ini. Kami akan mempertahankan keasrian rusun yang nantinya akan menjadi tempat tinggal mahasiswa selama belajar di UKSW,” imbuhnya.

Lebih lanjut Andeka Rocky menyatakan hal ini tak lepas dari konsep yang diusung UKSW yakni memberikan suasana yang teduh dan nyaman di lingkungan rusun sehingga dapat mendukung proses belajar mengajar serta aktifitas mahasiswa.

Pihaknya berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut setelah sebelumnya pihak Kementerian PUPR juga memberikan bantuan bagi pihak kampus dalam program pembangunan rusun yang rencananya akan digunakan bagi mahasiswa kurang mampu. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved