Breaking News:

Berita Nasional

Jenderal Andika Perkasa Terima Sertifikat Tanah Daerah Latihan TNI AD di Urut Sewu Kebumen

Selama ini, tanah tersebut dikelola Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD sebagai tempat uji coba Alutsista TNI AD, tempat latihan penembakan senja

Editor: m nur huda
Dispenad
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menerima sertifikat tanah daerah latihan TNI AD di Urut Sewu Kebumen pada Sabtu (4/9/2021) di Markas Korem 072/Pamungkas Yogyakarta. 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Kakanwil BPN Jawa Tengah dan Kakanwil BPN DIY, Sabtu (4/9/2021) menyerahkan sertifikat tanah daerah latihan TNI AD di Urut Sewu, Kebumen kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Penyerahan sertifikat tersebut dilaksanakan di Markas Korem 072/Pamungkas Yogyakarta.

Penyerahan sertifikat tanah untuk memberikan kepastian hukum tanah negara yang dikelola oleh TNI AD sekaligus menyelesaikan permasalahan pertanahan.

Selama ini, tanah tersebut dikelola Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD sebagai tempat uji coba Alutsista TNI AD, tempat latihan penembakan senjata berat, dan latihan lainnya.

Baca juga: Akhirnya Sebagian Lahan di Urut Sewu Kebumen Disertifikatkan Untuk Masyarakat

Baca juga: Masih Tak Terima, Petani Urut Sewu Kebumen Minta Sertifikat yang Diberikan ke TNI AD Dicabut

Baca juga: Kesaksian Petani Urut Sewu Kebumen yang Kebun Melonnya Dilindas Kendaraan TNI dan Penjelasan TNI

Baca juga: Konflik Urut Sewu Kebumen Berakhir, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa: Silakan Masyarakat Manfaatkan

Dalam sambutannya Andika mengatakan bahwa TNI AD akan senantiasa taat hukum.

Sertifikat tanah tersebut, kata dia, untuk memberikan kepastian penggunaan tanah TNI AD serta tidak akan menyentuh dan mengganggu lahan yang belum ada kepastian hukumnya.

"Lahan yang menjadi hak pakai Angkatan Darat secara sah ini, juga dapat dimanfaatkan oleh warga masyarakat sekitar, karena Angkatan Darat juga tidak melaksanakan latihan sepanjang tahun," kata Andika dalam keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AD, Sabtu (4/9/2021).

Demo warga Urut Sewu Kebumen
Demo warga Urut Sewu Kebumen ()

Kakanwil BPN Jawa Tengah Dwi Purnama mengatakan meski berjalan cukup alot, namun pada akhirnya sengketa pertanahan di wilayah tersebut mulai dapat diselesaikan dengan baik melalui kebersamaan antara aparat TNI AD dan warga masyarakat setempat.

Sedangkan Kakanwil DIY menegaskan bahwa kebutuhan TNI pada prinsipnya adalah untuk kesejahteraan rakyat dalam rangka membangun keamanan negara Indonesia.

Setelah penyerahan sertifikat tanah kegiatan dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim oleh Andika didampingi istrinya Hetty Andika Perkasa.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pangdam IV/Diponegoro, Kapusziad, Danrem 072/Pamungkas, Kakanwil BPN Jateng, Kakanwil BPN DIY, Bupati Gunung Kidul, Bupati Kebumen, Ka BPN Kab Wonosobo, Ka BPN Kab Kebumen, Ka BPN Kab Gunung Kidul.

(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul KSAD Andika Perkasa Terima Sertifikat Tanah Daerah Latihan TNI AD di Urut Sewu Kebumen

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved