Breaking News:

UIN Walisongo Semarang

Perpustakaan UIN Walisongo Semarang Raih Predikat Layanan Inovasi Terbaik di Jawa Tengah

Layanan WhatsApp Bot berbasis WhatsApp digagas oleh tim kreatif perpustakaan UIN Walisongo.

Editor: abduh imanulhaq
UIN WALISONGO
UPT Perpustakaan UIN Walisongo dinobatkan sebagai perpustakaan perguruan tinggi dengan inovasi layanan terbaik di tingkat Jawa Tengah 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Walisongo dinobatkan sebagai perpustakaan perguruan tinggi dengan inovasi layanan terbaik di tingkat Jawa Tengah.

UPT Perpustakaan UIN Walisongo berhasil mengalahkan empat (4) UPT perpustakaan di perguruan tinggi lainnya. walisongo.ac.id

Atas keberhasilan ini, UPT Perpustakaan UIN Walisongo menjadi utusan dari Jawa Tengah untuk maju di tingkat nasional.

Nominasi terbaik di tingkat Jawa Tengah ini sesuai berita acara nomor: 001/FPPTI-JATENG/IX/2021.

Kepala Perpustakaan UIN Walisongo Umar Falahul Alam, M.Hum menjelaskan penobatan layanan inovasi terbaik diwujudkan melalui layanan berjudul “WhatsApp Bot: Solusi Layanan Cerdas dan Ekonomis.”

Inovasi ini sebelumnya diikutkan dalam Academic Library Innovation Award (ALIA) tingkat Jawa Tengah.

Babak final lomba ALIA digelar pada Rabu (1/9/2021).

Tim juri adalah para akademisi, pustakawan, dan pengurus Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI), diikuti kalangan pemerhati perpustakaan dan pustakawan perguruan tinggi.

Penilaian inovasi unggulan dari lima (5) finalis perpustakaan perguruan tinggi terpilih terbaik didasarkan pada orisinalitas inovasi, keunikan, kreativitas pengelola perpustakaan, solusi yang ditawarkan, dan dampak signifikan untuk pemustaka.

“Layanan WhatsApp Bot berbasis WhatsApp digagas oleh tim kreatif perpustakaan UIN Walisongo. Layanan ini kami yakini memenuhi kriteria penilaian dan mengungguli inovasi-inovasi unggulan dari empat (4) perpustakaan perguruan tinggi lainnya,” kata Umar, Jumat (3/9/2021).

Inovasi ini, lanjut Umat, menjadi sangat menarik karena mampu memberikan jawaban kebutuhan informasi pemustaka potensialnya, secara cepat, tidak berbatas waktu, otomatis, cerdas, dan sangat ekonomis.

Lebih dari itu, layanan informasi WhatsApp Bot mampu memberikan informasi secara real time, nyata dan sesuai kondisi terakhir oleh adanya integrasi data yang terhubung secara terus menerus dengan sistem manajemen informasi perpustakaan sebagai platform pemasok layanan utamanya.

“Layanan WhatsApp Bot ini didedikasikan untuk civitas akademika UIN Walisongo dan masyarakat umum dengan cara mendekatkan layanan informasi ini secara humanis, lebih bersahabat, dan borderless, melalui mediary alat bantu komunikasi dengan nomor WhatsApp 081212000534.” tambahnya.

Atas capaian ini, UPT. Perpustakaan UIN Walisongo berhak melaju ke tingkat nasional sebagai wakil perpustakaan perguruan tinggi se-Jawa Tengah pada bulan Oktober 2021. *)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved