Breaking News:

5 Negara Minati Fesyen Muslim Indonesia

Lima negara negara tujuan ekspor favorit adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam, yang banyak melirik busana muslim.

Editor: Vito
Freepik /senivpetro
Ilustrasi fesyen muslim wanita 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Lima negara tetangga Indonesia banyak meminati busana muslim buatan dalam negeri. Negara-negara tersebut adalah Singapura, Malaysia, Vietnam, Thailand, dan Filipina.

Hal itu diungkapkan Media Relations Corporate Affairs Shopee, Prisca Niken. Menurut dia, UMKM lokal yang terdaftar di Shopee menjual 1,5 juta produk/bulan atau rata-rata 30 ribu produk/hari.

"Sebanyak 180 ribu penjual sudah melakukan ekspor. Lima negara negara tujuan ekspor favorit adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam," ujarnya, di acara diskusi Shopee dengan redaksi Tribun Network, Senin (6/9).

Prisca menuturkan, kelima negara tersebut melirik busana muslim dan fesyen perempuan. "Ternyata produk paling banyak diminati di luar negeri itu fesyen muslim dan pakaian wanita. Seller hijab itu banyak sekali ekspor ke luar negeri," jelasnya.

Selain busana muslim, Batik Solo juga banyak diminati di negara tetangga, seperti Malaysia. Tak hanya di wilayah Asia Tenggara, saat ini ekspor juga sampai ke negara asal pesepak bola Pele, Brasil.

"Kita sampai ke Brasil, transaksi aktif dan terus meningkat. Banyak seller-seller Indonesia yang sampai ke Brasil," tuturnya.

Shopee menargetkan dapat mengajak 500 ribu UMKM untuk ekspor, di mana pencapaiannya saat ini sudah tercatat sebanyak 180 ribu UMKM. Dengan meningkatnya eksportir, diharapkan UMKM Indonesia akan 'naik kelas'.

Adapun, hal serupa terlihat dari transaksi pembelian fesyen muslim yang meningkat drastis selama pandemi di platform Tokopedia.

Head Category Development (Fahsion) Tokopedia, Falah Fakhriyah sempat menyatakan, berdasarkan data Tokopedia, fesyen muslim merupakan satu kategori yang kenaikannya lumayan besar selama kuartal II/2021 dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Hanya saja, ia belum bisa menyebutkan angka kenaikannya. "Kenaikannya itu lumayan besar dibandingkan kuartal II/2020 lalu. Selain itu kalau dilihat dari data, fesyen muslim kategori yang banyak dicari di Tokopedia," ujarnya.

Falah menyatakan, transaksi di Tokopedia untuk barang-barang yang bertemakan fesyen muslim mengalami peningkatan cukup besar, baik dari sisi jumlah yang membeli hingga jumlah para UMKM yang ikut dalam program tersebut.

Hal serupa diamini pemilik usaha dengan brand namanya sendiri, yaitu Vivi Zubedi. Menurut dia, saat ini peluang untuk bisnis fesyen muslim sangat besar, lantaran Indonesia menjadi satu negara yang memiliki jumlah penduduk beragama muslim paling banyak.

"Lihat saja, kalau dicari di Tokopedia, jual mukena pasti banyak. Bahkan kalau dibuat juga mukena yang motifnya bulat hitam, keluar juga. Artinya apa? Karena banyak yang minat, jadi penjualnya juga banyak," jelasnya.

Apalagi, Vivi mengungkapkan, kehadiran platform digital semakin membantu masyarakat bebas berbelanja kebutuhan fesyen muslimnya kapan pun dan di mana pun. (Tribunnews/Dennis Destryawan)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved