Breaking News:

Liputan Khusus

BERIATA LENGKAP : Pelajar Lebih Suka Laptop Canggih

Selama masa pandemi dan pemberlakuan PPKM Level 4 hingga kemudian turun jadi Level 2, di sejumlah daerah masih memberlakukan pembelajaran daring

Tribun Jateng/ Idayatul Rohmah
Ilustrasi laptop 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Selama masa pandemi dan pemberlakuan PPKM Level 4 hingga kemudian turun jadi Level 2, di sejumlah daerah masih memberlakukan pembelajaran daring atau PJJ.

Hal ini berdampak pada meningkatnya kebutuhan akan laptop dan gadget untuk menunjang peralatan belajar di rumah.

Tribunjateng.com menelusuri kenaikan harga laptop di beberapa kota antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Purwokerto, Solo, Kudus dan lain-lain.

Terjadi kenaikan harga laptop baru maupun laptop bekas dengan prosentase bervariasi. Dan yang tak kalah penting adalah, terjadi peningkatan penjualan laptop secara signifikan.

Di Kota Semarang, penjualan laptop ataupun notebook cukup drastis. Galuh, satu penjual laptop di Plasa Simpanglima Semarang menuturkan, penjualan di gerainya meningkat hingga 50 persen.

Menurut Sales di gerai 3Power Laptop Computer tersebut, peningkatan terjadi di tengah banyaknya pekerjaan yang dilakukan secara work from home (WFH) ataupun sekolah secara daring.

"Penjualan meningkat karena kebutuhan konsumen. Dan sampai saat ini masih terjadi peningkatan penjualan.
Untuk peningkatan, hitungan kami lebih ke value yang sebelum pandemi biasanya Rp 400 juta, selama pandemi ini lebih dari Rp 500 juta per bulan," kata Galuh kepada tribunjateng.com.

Galuh menyebutkan, dari sisi konsumen, pembeli laptop di gerainya hampir merata mulai dari pelajar (SD, SMP, SMA), mahasiswa, hingga para pekerja.

Untuk anak sekolah, biasanya ia menawarkan laptop ataupun notebook dengan desain yang tipis dan ringan untuk dijinjing.

Menurutnya, hal itu agar anak-anak praktis membawanya. "Anak-anak suka membawa yang ringan. Biasanya, saya tawarkan yang harganya di kisaran Rp 10 jutaan, seperti Yoga ini dengan spesifikasi touchscreen yang bisa dilipat, di harga Rp 11 jutaan," terangnya sambil tunjukkan contoh.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved