Berita Sragen

Bupati Sragen Tuntaskan Tantangan Ganjar: Habiskan 13 Ribu Dosis Vaksin Sehari

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berhasil menyuntikkan vaksin Covid-19 sebanyak 13.278 dosis Sinovac dalam sehari.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ketika menjadi vaksinator di Sentra Vaksin Sukowati beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berhasil menyuntikkan vaksin Covid-19 sebanyak 13.278 dosis Sinovac dalam sehari.

Penyuntikkan dilakukan di 26 titik yang tersebar di Sragen.

Sebanyak 13 ribu vaksin itu didapatkan Pemkab Sragen setelah mendapatkan tantangan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo untuk menghabiskan vaksin sebanyak 13 ribu dosis dalam sehari.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan awalnya pada Minggu malam, pemprov Jawa Tengah melakukan pendistribusian vaksin Sinovac ke seluruh wilayah.

Pada kesempatan itu, Yuni berkomunikasi dengan Gubernur bahwa vaksin di Sragen telah habis. Lantas Yuni ditantang untuk menghabiskan 13 ribu dosis vaksin dalam sehari ini, Senin (6/9/2021).

"Kami ditanya pak Gubernur apakah Sragen siap 13 ribu dosis untuk sehari? Ya saya sampaikan siap. Akhirnya di beri dan alhamdulillah selesai," kata Bupati ditemui usai rapat koordinasi dengan Gubernur via zoom meeting.

Yuni mengatakan Faskes di Sragen ada 48 baik dari swasta maupun negeri. Namun pihaknya mampu menyelesaikan 13 ribu vaksin ini di 25 puskesmas dan vaksinasi terpusat Sragen di kantor Pemkab.

Pihaknya membagi 500 vaksin per Puskesmas dan 500 lebih di pusat vaksinasi Sukowati di Kantor Pemkab Sragen. Yuni mengaku jika dapat menyelesaikan pihaknya akan mendapatkan lagi untuk setiap harinya.

"Jadi kami bagi 500 per puskesmas ditambah di sini 500 selesai 13 ribu. Kami ditantang seperti itu kami siap, kami sudah siap sejak kunjungan Menko Marves dan mengatakan 14 ribu perhari," lanjut dia.

Yuni mengaku untuk tantangan seperti ini, baru Kabupaten Sragen yang berani dan berhasil. Jika ritme vaksinasi terus seperti ini, Bupati optimis pada Desember 2021 sebanyak 775 ribu selesai disuntik vaksin Covid-19.

Menginput Data

Berhasil 13 ribu vaksinasi ini, dikatakan Yuni memberi tantangan sendiri bagi pihaknya untuk menyelesaikan input data ke aplikasi Pcar dan smile.

Yuni mengatakan menyuntik dengan memasukkan data tidak bisa bersamaan. Dirinya memperkirakan perbandingannya 10 kali menyuntik hanya dapat satu data masuk.

"Tantangannya adalah menyelesaikan input data Pcar dan smile nya dalam satu waktu. Karena menyuntik dengan memasukkan ke data itu beda sekali."

"Suntik dengan masukan data barang kali perbandingannya 10 kali nyuntik baru bisa data masuk 1 mungkin ya dalam waktunya," katanya.

Pihaknya memberikan target kepada Puskesmas dan sentra vaksinasi Sukowati agar menyelesaikan menginput data pada pukul 18.00 WIB.

Pantauan terakhir seluruh data telah masuk di aplikasi smile hanya tinggal beberapa yang masih dalam proses input ke aplikasi Pcare. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved