Berita Salatiga

Pasila Manfaatkan Saresehan Sebagai Ajang Curhat,  95 Persen WBP Rutan Salatiga Ikuti Vaksinasi 

Seorang warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga, Pasila terlihat antusias ikuti sarasehan, Senin (6/9/2021).

Penulis: Hermawan Handaka | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Warga binaan mengikuti kegiatan sarasehan Rutan Kelas IIB Salatiga sebagai bentuk sosialisasi dan komunikasi bersama antara jajaran petugas dan warga binaan sebagai satu kesatuan keluarga besar, Senin (6/9). 

TRIBUNJATENG.COM, SALATIGA - Seorang warga binaan Rutan Kelas IIB Salatiga, Pasila terlihat antusias mengikuti kegiatan sarasehan, Senin (6/9/2021

Pengunjung memanfaatkan fasilitas video call gratis yang disediakan Rutan Kelas IIB Salatiga dalam sistem kunjungan virtual.
Pengunjung memanfaatkan fasilitas video call gratis yang disediakan Rutan Kelas IIB Salatiga dalam sistem kunjungan virtual. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

). Ia serius mendengarkan pemaparan yang disampaikan Kepala Rutan bersama puluhan penghuni yang lain. 

Menurutnya, kegiatan saresehan ini sangat dimanfaatkannya sebagai wadah curahan hati (curhat) selama menghuni rutan. Melalui adanya jalinan komunikasi ini dirinya merasa diorangkan dan menjadi bagian keluarga besar Rutan Salatiga.

"Sangat senang dengan saresehan ini. Apalagi Pak Kepala Rutan ini suka bersenda gurau dengan kami, selain itu juga sering mengajak kami bermain tenis meja, karambol dan gitaran istilah kami bermain musik disini. Dengan giat ini kami harapkan terus berlanjut dan proses pembinaan di Rutan berjalan dengan baik," ujarnya. 

Diketahui, Rutan Kelas IIB Salatiga menggelar kegiatan saresehan sebagai bentuk sosialisasi dan komunikasi bersama antara jajaran petugas dan warga binaan sebagai satu kesatuan keluarga besar, Senin (6/9).

Kepala Rutan Kelas IIB Salatiga Andri Lesmano mengatakan, saresehan ini merupakan kegiatan rutin yang minimal dilaksanakan satu bulan sekali sebagai bentuk jalinan komunikasi dan sebagai wadah menampung aspirasi warga binaan

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk wadah komunikasi warga binaan sehingga pelaksanaan hak dan kewajiban dapat dilakukan dan diikuti secara seimbang," ujarnya. 

Andri menambahkan walaupun dengan keterbatasan tetapi sarana saresehan ini dapat dijadikan momentum curhat dan keluh kesah warga binaan selama menjalani masa pidana di Rutan Salatiga.

Program Vaksin 

Terkait dengan program vaksinasi di lingkungan rutan, dijelaskannya bahwa sejauh ini sudah 95 persen warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Kota Salatiga menerima suntikan.

Sisanya tidak bisa mengikuti program vaksin disebabkan adanya komorbid penyakit bawaan seperti jantung, pernafasan dan darah tinggi. 

Sedangkan untuk petugas, sebanyak total 53 semuanya telah menjalani program vaksinasi pada periode Maret-April 2021 kemarin. Mereka terdiri dari Kapala Rutan, petugas pelayanan, petugas administrasi hingga petugas jaga serta keamanan. 

Program vaksinasi terhadap WBP terakhir dilakukan Jumat (3/9) kemarin, sebanyak ratusan warga binaan pemasyarakatan Rutan Kelas IIB Kota Salatiga mendapatkan  suntikan vaksinasi dosis kedua dan sebagian yang sebelumnya tidak bisa disuntik vaksin, akhirnya dapat diberikan suntik dosis pertama. 

Andri Lesmano mengatakan bahwa kegiatan tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Sidorejo Lor dibawah Dinas Kesehatan Kota Salatiga melakukan vaksinasi kepada warga binaan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved