Breaking News:

Unsoed Purwokerto

Effervescent Chlorella Vulgaris, Solusi Imunostimulan Karya Mahasiswa Biologi Unsoed

Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan penelitian tentang Imunostimulan

Editor: abduh imanulhaq
UNSOED
Tim PKM Biologi UNSOED Purwokerto melakukan inovasi berupa tablet Effervescent Chlorella vulgaris 

TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO - Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto melakukan penelitian tentang Imunostimulan.

Tim beranggotakan Regata Ringga Hanessa Putry, Salma Aulia Salsabila, Mochammad Rezky Darmawan, Khoerunnisa, dan Haris Raditya Subandrio ini dibimbing Dr. Endang Ariyani Setyowati, M.Si.

Mereka yang berasal dari Fakultas Biologi UNSOED ini melakukan inovasi berupa tablet Effervescent Chlorella vulgaris yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Seperti diketahui, berbagai upaya mengatasi dampak penyebaran Covid-19 sangat masif dilakukan.

Di antaranya himbauan melakukan 5M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas bahkan melakukan pembatasan kegiatan di berbagai daerah.

Namun, imunitas tubuh tetap menjadi benteng utama dalam menangkal Covid-19.

Peningkatan imunitas tubuh dapat dilakukan dengan konsumsi imunostimulan.

Imunostimulan dapat berasal dari bahan kimia sintetik dan bahan alami seperti derivat bakteri, polisakarida, ekstrak hewan dan tumbuhan, serta vitamin.

Mikroalga merupakan salah satu bahan alami yang dapat berpotensi sebagai imunostimulan.

Berdasarkan studi literatur, mikroalga seperti Chlorella vulgaris berpotensi dimanfaatkan sebagai imunostimulan karena mengandung provitamin A (β-karoten), vitamin C, vitamin E, dinding sel, dan CGF.

imunostimulan hasil penelitian
imunostimulan hasil penelitian (IST)

Regata Ringga Hanessa Putry mengatakan penelitian ini dimulai dengan mengkultur Chlorella vulgaris.

“Selanjutnya, bubuk Chlorella vulgaris yang didapat, dicampurkan dengan natrium bikarbonat, asam tartrat, dan asam sitrat, serta beberapa bahan lain sehingga membentuk Effervescent Chlorella vulgaris,” jelasnya.

Tablet effervescent yang telah dibuat tersebut kemudian diujikan pada hewan uji yaitu mencit jantan untuk mengetahui efektivitas imunostimulan yang ditunjukkan dengan peningkatan jumlah leukosit, jumlah eritrosit, dan kadar hemoglobin.

“Effervescent Chlorella vulgaris yang telah dibuat diharapkan dapat menjadi solusi imunostimulan yang praktis, efisien, dan memiliki efektivitas yang tinggi di masa pandemi Covid-19,” harapnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved