Breaking News:

Berita Tegal

BERITA LENGKAP: Proyek Revitalisasi Tahap 2 Alun-alun Kota Tegal Dimulai, Target Rampung Desember

Pemkot Tegal telah memulai pekerjaan proyek tahap kedua revitalisasi Alun-alun Kota Tegal. Proyek tersebut sudah berlangsung sejak Agustus 2021.

Istimewa
CARfix Indonesia Team saat mengikuti Kejurnas Auto Gymkhana di Alun-alun Tegal. 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL – Pemkot Tegal telah memulai pekerjaan proyek tahap kedua revitalisasi Alun-alun Kota Tegal. Proyek tersebut sudah berlangsung sejak Agustus 2021.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Tegal, Eko Setyawan mengatakan, revitalisasi alun-alun tahap dua sudah berlangsung sekira tiga minggu. Proyek tersebut pada dasarnya untuk menyempurnakan pekerjaan di tahap pertama.

Anggaran pagu dalam tahap kedua ini mencapai Rp 3 miliar. Targetnya, pekerjaan selesai pada minggu pertama Desember 2021.

"Jadi sudah tidak ada pekerjaan struktur karena pekerjaan struktur dan mekanikal utama sudah dikerjakan pada tahap satu," kata Eko, Senin (6/9).

Eko menjelaskan, ada empat pekerjaan utama dalam revitalisasi tahap kedua Alun-alun Kota Tegal. Pertama penyempurnaan pedestrian yang mengelilingi alun-alun, pekerjaan tersebut berupa pemasangan granit.

Kedua, penyempurnaan flying deck, pekerjaannya pemasangan conwood sebagai alas. Ketiga, penyempurnaan air mancur menari dengan pemasangan pompa dry floating. Terakhir, penyempurnaan alat sistem suara yang dapat memantulkan antara suara dan gerak.

"Itu karena dulu beberapa alat belum bisa dibeli. Ini tahap kedua baru dibeli," ujarnya.

Menurut Eko, terkait pedestrian yang mengelilingi alun-alun konsepnya masih sama. Perbedaannya hanya terletak pada corak dan material yang digunakan. Pihaknya juga akan melengkapi unsur estetika berupa kursi duduk dan lampu-lamu.

"Nanti juga akan disediakan tempat khusus untuk ibu menyusui," katanya.

Eko juga meminta maaf kepada masyarakat karena alun-alun sejak selesainya revitalisasi tahap pertama belum dibuka. Alasan pertama karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Lalu untuk saat ini karena alun-alun sudah memasuki proyek tahap kedua.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved