Breaking News:

Berita Tegal

Dinsos Kabupaten Tegal Turun Tangan Bantu Nenek Murah yang Sedang Viral di Media Sosial

Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal turun tangan membantu Murah (76), perempuan lansia pemulung barang bekas.

Editor: abduh imanulhaq
PEMKAB TEGAL
Dinsos Kabupaten Tegal turun tangan membantu Nenek Murah memperbaiki kekeliruan data NIK di DTKS Kementerian Sosial. 

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal turun tangan membantu Murah (76), perempuan lansia pemulung barang bekas, memperbaiki kekeliruan data nomor induk kependudukannya (NIK) di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Ketidaksesuaian NIK warga Desa Jatilaba, Kecamatan Margasari, itu menjadi kendala penerimaan bantuan sosial dari pemerintah.

Informasi tersebut disampaikan Manajer Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) Dinsos Kabupaten Tegal Joko Priono, Selasa (07/09/2021) pagi.

Joko membenarkan jika janda lansia yang hidup sebatangkara tersebut kesulitan mengakses bantuan sosial dari program pemerintah sekalipun namanya sudah masuk ke dalam DTKS.

Murah tak kunjung ditetapkan sebagai penerima program bantuan sosial sebab NIK yang terdaftar di DTKS berbeda dengan NIK di kartu tanda penduduk elektroniknya (KTP-el).

“Otomatis sistem akan menolak jika ada ketidaksesuaian ini,” kata Joko.

Sebagai langkah awal, pihaknya melalui tim SLRT Trengginas telah melakukan perbaikan DTKS Murah melalui petugas operator data desa dengan mengakses sistem informasi kesejahteraan sosial next generation (SIKS-NG).

“Untuk NIK sudah kita bantu perbaiki dengan menginputnya sesuai KTP-el di SIKS-NG. Tinggal menunggu proses penetapannya dari Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kemensos,” ujarnya.

Jika perbaikan data Mbah Murah sudah ditetapkan masuk dalam DTKS, selanjutnya Kemensos akan menentukan program bansos untuk Murah, apakah Program Keluarga Harapan (PKH), program sembako atau yang lainnya.

Sementara Dinsos Kabupaten Tegal tinggal memverifikasinya saja di lapangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved