Breaking News:

Berita Kabupaten Tegal

Kabupaten Tegal Masuk PPKM Level 2, Destinasi Wisata Mulai Dibuka, Kapasitas 25 Persen

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 Covid-19 di wilayah Jawa-Bali kembali diperpanjang sampai 13 September 2021

Penulis: Desta Leila Kartika | Editor: muslimah

TRIBUNJATENG.COM, SLAWI - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, 3, dan 2 Covid-19 di wilayah Jawa-Bali kembali diperpanjang sampai 13 September 2021.

Sesuai yang tertera di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 39 tahun 2021, pada perpanjangan PPKM kali ini Kabupaten Tegal masuk kategori level 2.

Sehingga beberapa sektor sudah mulai dilonggarkan satu di antaranya pariwisata baik yang dikelola pemkab, desa, dan swasta mulai boleh beroperasi namun masih terbatas dan bersyarat.

Saat dikonfirmasi apakah destinasi wisata selain Guci sudah mulai buka atau belum, Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Tegal Saidno menuturkan, sudah boleh beroperasi kembali mulai Rabu (8/9/2021) termasuk Desa wisata.

"Destinasi wisata di Kabupaten Tegal sudah mulai diperbolehkan buka termasuk Desa wisata. Hal ini karena kita sudah masuk level 2, jadi sesuai yang tertera di Imendagri nomor 39 tahun 2021 sektor wisata boleh buka dengan kapasitas pengunjung maksimal 25 persen," jelas Saidno, pada Tribunjateng.com, Rabu (8/9/2021).

Meskipun sudah masuk level 2 dan mulai ada pelonggaran utamanya di sektor wisata, namun untuk bisa buka atau beroperasi kembali Saidno menegaskan wajib melakukan simulasi terlebih dahulu.

Mengingat, dengan adanya simulasi bisa melihat apakah kesiapan sarana protokol kesehatan sudah terpenuhi dan dipatuhi atau belum.

Mengingat dibuka kembali bukan bearti bebas, tapi tetap terbatas sehingga perlu adanya penyesuaian.

Jika sudah dilaksanakan simulasi, pengelola dan petugas pun bisa langsung menyesuaikan dan menjalankan sesuai bagian masing-masing.

"Intinya semua wisata di Kabupaten Tegal boleh buka dan dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas pengunjung. Semoga kedepan hasilnya semakin baik sehingga perekonomian di sektor wisata bisa membaik dan berputar kembali," ujarnya.

Tambahan informasi:

Sesuai yang tertera di Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) nomor 39 tahun 2021, pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kali ini Kabupaten Tegal masuk level 2.

Sehingga terdapat pelonggaran seperti Fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya), diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat, serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi. (dta)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved