Breaking News:

Berita Pati

Ketua Pansel Tanggapi Isu Negatif Soal Seleksi Terbuka Jabatan Sekda Pati

Seleksi terbuka pengisian jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pati telah melalui beberapa tahapan yang ketat

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Mazka Hauzan Naufal
Sekda Pati Suharyono yang juga merupakan Ketua Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Sekda Pati ketika ditemui Tribunjateng.com di ruang kerjanya, Selasa (7/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Seleksi terbuka pengisian jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Pati telah melalui beberapa tahapan yang ketat.

Proses seleksi tersebut di antaranya mencakup uji kompetensi, rekam jejak, tes kesehatan, penulisan makalah, serta uji gagasan dan wawancara.

Tahapan-tahapan seleksi tersebut kemudian memberikan hasil akhir berupa tiga orang peserta dengan skor tertinggi, dari total tujuh orang yang memperebutkan jabatan Sekda Pati.

Tiga orang tersebut ialah Jumani (saat ini Inspektur Daerah Kabupaten Pati), Teguh Widyatmoko (Staf Ahli Bupati), dan Wahyu Setyawati (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pati).

Mereka bertiga diusulkan dalam tahapan selanjutnya, hingga salah satu terpilih sebagai Sekda Pati.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Pati, Suharyono, memastikan bahwa ketiga nama tersebut dipastikan memenuhi kualifikasi. 

Mereka juga melalui mekanisme seleksi yang melibatkan unsur independen di luar lingkungan Pemkab Pati, di antaranya pejabat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, akademisi Universitas Diponegoro, dan tokoh masyarakat/pakar pemerintahan.

“Jadi tidak hanya satu tahap yang dilalui untuk memunculkan tiga nama itu. Ada lima tahap. Masing-masing diuji. Uji kompetensi dilaksanakan langsung oleh Undip. Anggota pansel lain tidak ikut. Kemudian tes kesehatan langsung dilaksanakan RSUD Soewondo. Kalau rekam jejak yang tahu BKPP, jadi ditelusuri apakah dia pernah dijatuhi (sanksi) disiplin atau tidak,” kata Suharyono ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/9/2021).

Pria yang akan segera purna dari jabatannya sebagai Sekda Pati ini menambahkan, uji gagasan dan wawancara dilakukan pansel di Ruang Rayung Wulan Setda Pati. Dalam hal ini pengujian dari pihak Undip dilakukan secara virtual dan disaksikan langsung oleh bupati.

Suharyono menegaskan, pihaknya sebagai Ketua Pansel bertanggungjawab penuh terhadap hasil seleksi yang memunculkan tiga nama yang sudah diumumkan.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved