Breaking News:

Berita Sragen

PMI Sragen Kembali Bekali Pengetahuan Surveilans kepada Sibat Desa Brojol

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen kembali menggelar kegiatan orientasi bagi tim siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat)

Penulis: Mahfira Putri Maulani | Editor: muslimah
PMI Sragen
Penyerahan bantuan sarana untuk cuci tangan dan sprayer serta desinfektan di Desa Brojol, Kecamatan Miri 

TRIBUNJATENG.COM, SRAGEN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sragen kembali menggelar kegiatan orientasi bagi tim siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat).

Setelah di Desa Pengkol, kini orientasi dilakukan di Sibat Desa Brojol, Kecamatan Miri selama dua hari Selasa dan Rabu (7-8/9/2021).

Ketua PMI Kabupaten Sragen dr. Ismail Joko Sutresno mengatakan Sibat merupakan relawan PMI yang memiliki peran yang sangat penting dalam rangka membantu pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

Keberadaan mereka di tengah masyarakat desa sangat memungkinkan bagi PMI untuk mempengaruhi masyarakat dalam edukasi penanganan Covid-19.

Dalam orientasi ini pihaknya menyampaikan materi Kejadian Luar Biasa (KLB) dan Surveilans Berbasis Masyarakat (SBM).

Peserta diberikan berbagai keterampilan dan materi seperti pengetahuan survailans berbasis masyarakat dan psikososial, pengenalan rumor,  pelacakan kontak erat dan pengertian kejadian luar biasa dan cara pelaporan secara online.

Kegiatan orientasi ini bekerjasama dengan Forkompimcam dan Puskesmas setempat sebagai salah satu nara sumber penyampaian materi.

"Saya berharap peserta setelah pelatihan dapat membantu satgas penanganan Covid-19 dalam hal edukasi kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan," kata Ismail.

Beliau juga mengharapkan para anggota relawan Sibat untuk ikut mensukseskan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dengan memberikan edukasi yang positif kepada masyarakat.

"Masyarakat jangan sampai lengah dengan penurunan kasus Covid-19, apalagi saat ini sudah muncul varian-varian baru Covid-19," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut PMI dengan dukungan KOICA menyerahkan bantuan untuk masing-masih desa dua buah tempat cuci tangan beserta tandon air.

Dua buah alat sprayer dan cairan disinfektan yang nantinya akan diletakan ditempat umum seperti pasar desa dan tempat wisata. (uti)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved