Breaking News:

Berita Internasional

Terbukti Langgar Karantina hingga Tularkan Covid-19, Pria Vietnam Dihukum 5 Tahun Penjara

Akibat aktivitasnya tersebut, Tri menginfeksi delapan orang, satu di antaranya meninggal karena virus setelah satu bulan perawatan.

GOOGLE
Ilustrasi 

TRIBUNJATENG.COM, HANOI - Di Vietnam, seorang pria terbukti melanggar aturan karantina Covid-19 hingga menularkannya ke orang lain.

Selasa (7/9/2021), pengadilan menjatuhi hukuman penjara selama 5 tahun kepada pria tersebut.

Pria bernama Le Van Tri (28) telah dihukum karena "menyebarkan penyakit menular berbahaya" pada persidangan di Pengadilan Rakyat provinsi selatan Ca Mau, demikian dilansir Reuters dari Kantor Berita Vietnam (VNA).

Baca juga: Kuba Vaksinasi Anak-Anak Usia 2-11 Tahun Jelang Pembukaan Kembali Sekolah

Tri terbukti melakukan perjalanan kembali ke Ca Mau dari Kota Ho Chi Minh dan melanggar peraturan karantina 21 hari.

Akibat aktivitasnya tersebut, Tri menginfeksi delapan orang, satu di antaranya meninggal karena virus setelah satu bulan perawatan.

Sebelum Tri, Vietnam sebelumnya telah menghukum dua orang lainnya dengan hukuman penjara yang ditangguhkan selama 18 bulan dan dua tahun atas tuduhan yang sama.

Ca Mau yang merupakan provinsi paling selatan di Vietnam telah melaporkan 191 kasus dan dua kematian sejak pandemi dimulai.

Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dari hampir 260.000 kasus dan 10.685 kematian di pusat virus corona negara itu, Kota Ho Chi Minh.

Meskipun demikian, Vietnam dalam beberapa bulan terakhir telah berjuang melawan penyebaran Covid-19 yang semakin memburuk, mengakibatkan lebih dari 536.000 orang terinfeksi dan menewaskan 13.385 orang.

Pada masa awal pandemi, Vietnam sempat menjadi contoh negara yang sukses mengambil langkah cepat dalam pencegahan Covid-19.

Pengujian massal serta pembatasan sosial yang ketat sempat berhasil membuat Vietnam jauh dari Covid-19 dalam beberapa bulan di tahun 2020 lalu.

Kondisi mulai memburuk sejak kemunculan klaster baru pada bulan April lalu dan diperburuk sejak varian delta menyerbu.

Pemerintah Vietnam bahkan mulai menerjunkan tentara untuk mengawasi pembatasan sosial di Ho Chi Minh sejak bulan Agustus lalu. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pria Vietnam Dipenjara 5 tahun karena Terbukti Langgar Karantina hingga Tularkan Covid-19

Baca juga: BPOM Beri Lampu Hijau Vaksin: Janssen Covid-19 Vaccine dan Convidecia, Untuk Penggunaan Darurat

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved