Breaking News:

Berita Bola

Ahli Matematika Bikin Rumus Hitung Siapa Paling Hebat Antara Cristiano Ronaldo & Lionel Messi

Ahli matematika dari Universitas Oxford, Tom Crawford, membuat rumus untuk menghitung kehebatan antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Editor: m nur huda
AFP/PAUL ELLIS
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi berjabat tangan dalam laga persahabatan antara Timnas Portugal menghadapi Argentina di Stadion Old Trafford, Manchester, pada November 2014. 

TRIBUNJATENG.COM - Ahli matematika dari Universitas Oxford, Tom Crawford, membuat rumus untuk menghitung kehebatan antara dua mega bintang sepakbola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ahli matematika asal Inggris itu merancang model data untuk membandingkan 10 pemain pria terbaik sepanjang masa yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu.

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.(AFP/JOSEP LAGO)
Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo menyapa penyerang Barcelona Lionel Messi (kanan) sebelum pertandingan Grup G Liga Champions antara Barcelona vs Juventus di Stadion Camp Nou di Barcelona pada 8 Desember 2020.(AFP/JOSEP LAGO) (Kompas.com/Istimewa)

Hal itu menjawab perdebatan soal kehebatan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selama lebih dari satu dekade terakhir.

Tom Crawford menentukan pemain berdasarkan tujuh kategori: jumlah trofi di klub, piala di level internasional, gol untuk klub, gol bagi timnas, Ballon d'Or (minimal dua), rekor, dan faktor-Z dalam semusim (luar biasa secara matematis).

Kesepuluh pemain tersebut mendapat poin untuk setiap kategori berdasarkan beberapa faktor, dengan mempertimbangkan kesulitan pencapaian tertentu.

Hasilnya, setelah proses hitung-hitungan oleh Crawford, Ronaldo menguasai peringkat teratas dengan 100 poin.

Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo saat ikut serta dalam leg pertama semifinal Coppa Italia AC Milan vs Juventus pada 13 Februari 2020 di Stadion San Siro Italia.
Penyerang Juventus, Cristiano Ronaldo saat ikut serta dalam leg pertama semifinal Coppa Italia AC Milan vs Juventus pada 13 Februari 2020 di Stadion San Siro Italia. (Isabella BONOTTO / AFP)

Messi membuntuti di posisi kedua usai mendapat 94 angka.

Tangga kedua diisi oleh legenda timnas Brasil, Pele (85).

Adapun peringkat keempat dan kelima secara berturut-turut ditempati Ferenc Puskas (57) dan Ronaldo Nazario (52).

Jika koleksi trofi dijadikan tolok ukur sebagai penentu pemain terbaik dunia, Ronaldo tak lebih hebat dari Messi.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved