Breaking News:

Pertamina Cilacap

Dari Susur Sungai hingga Kampoeng Kepiting, Inilah Wisata Terpadu Kutawaru Binaan Pertamina Cilacap

Langit di atas Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah selalu bermandikan cahaya keemasan di malam hari.

Editor: abduh imanulhaq
PERTAMINA CILACAP
Wisata Terpadu Kutawaru binaan Pertamina Cilacap 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP – Langit di atas Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah selalu bermandikan cahaya keemasan di malam hari.

Di sebuah dermaga dengan lantai berhias lukisan tiga dimensi, pengunjung wisata malam bergantian mengambil foto atau swafoto dengan latar cahaya keemasan yang bersumber dari gemerlap lampu area Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap.

Mereka adalah pelaku wisata malam menyusuri sungai Bengawan Donan yang membelah area kilang dengan Kelurahan Kutawaru di seberang belakangnya.

Kapal wisata dirancang khusus mengangkut para penumpang di malam hari, dengan layanan setiap Jumat dan Sabtu malam

“Keren, sering liat foto teman-teman dengan background kilang Pertamina, penasaran. Akhirnya membuktikan sendiri, bagus,” kata Agus, pelaku wisata malam asal Kelurahan Gunung Simping, Kecamatan Cilacap Tengah.

Susur sungai menjadi salah satu layanan paket wisata terpadu bertajuk Masyarakat Mandiri Kutawaru (Mamaku) dengan mengoptimalkan berbagai potensi lokal di kelurahan ini.

Di antaranya tracking mangrove, stasiun sepeda, kolam pemancingan, kidz zone nature study, Mamaku Cycling Trip, Pusat Jajanan Serba Ada (Pujasera) Patra Bahari Food Center, hingga menu khas kepiting di Kampoeng Kepiting.

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Eko Sunarno hadir secara langsung meresmikan penggunaan Patra Bahari Food Center dan Kampoeng Kepiting, Rabu (8/9/2021).
General Manager PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Eko Sunarno hadir secara langsung meresmikan penggunaan Patra Bahari Food Center dan Kampoeng Kepiting, Rabu (8/9/2021). (IST)

Patra Bahari Food Center merupakan inisiatif Pertamina bersama Kelurahan Kutawaru, Lembaga Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Kelurahan (LPPMK) Kutawaru dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat menata pedagang kuliner di area khusus, dengan desain lapak yang bersih dan rapi.

Ada 15 lapak yang buka setiap hari dari pukul 08.00 – 23.00 WIB, dengan sajian kuliner khas Kutawaru, seperti cimplung, olahan kepiting, mendoan, lotek, aneka minuman, dan lain-lain.

Samirah, seorang pedagang di Patra Bahari Food Center mengaku senang, tempat berjualannya selama ini sudah tertata lebih rapi dan bersih.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved