Breaking News:

Berita Kudus

Mantan Kades di Kudus Kembalikan Uang Korupsi Dana Desa, Jaksa: Tidak Menghapus Pidananya

Mantan kepala desa di Kudus mengembalikan uang korupsi dana desa sebesar Rp 200 juta. Namun Kejaksaan menegaskan, pengembalian itu tidak menghapus per

Editor: m nur huda
google
Ilustrasi dana desa 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Mantan kepala desa di Kudus mengembalikan uang korupsi dana desa sebesar Rp 200 juta. Namun Kejaksaan menegaskan, pengembalian itu tidak menghapus pertanggungjawaban pidananya.

Adapun, terdapat tiga orang mantan kepala desa (kades) di wilayah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dana desa.

Ketiga tersangka yaitu mantan Kades Tergo, Kecamatan Dawe berinisial BK.

Selanjutnya HS mantan Kades Lau, Kecamatan Dawe, dan EP mantan Kades Undaan Lor, Kecamatan Undaan.

Kepala Kejaksaan Negeri Kudus Ardian menyampaikan, salah seorang tersangka yakni EP, mantan Kades Undaan Lor tercatat telah mengembalikan uang kerugian negara sebanyak Rp 200 juta.

"Sesuai Undang-Undang pidana korupsi, pengembalian uang itu tidak menghapus pertanggungjawaban pidananya dan tetap diproses secara hukum," terang Ardian, Rabu (8/9/2021).

Sementara itu, Kasi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kudus, Raden Prabowo Ajisasmito menjelaskan EP telah ditetapkan tersangka oleh Kejari Kudus pada akhir Agustus lalu.

Sementara BK dan HS juga sudah terlebih dahulu ditetapkan tersangka oleh Satreskrim Polres Kudus.

"Korupsi dana desa saat menjabat kades. Berkas  lengkap ada yang sudah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Semarang," kata Prabowo.

Kasat Reskrim Polres Kudus AKP Agustinus David mengatakan dari kasus dugaan penyelewengan dana desa tersebut, sesuai hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) nilai kerugian Negara paling besar diketahui di Desa Lau mencapai Rp 1,8 miliar.

Adapun nilai kerugian Negara di Desa Tergo sekitar Rp 370 juta.

"Tergo dan Lau sudah kami tetapkan tersangka," pungkas David.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Mantan Kades di Kudus Ditetapkan Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved