Breaking News:

Berita Pekalongan

Pemerintah Pusat dan Pemkot Pekalongan Sinkronkan Program Pembangunan Infrastruktur Strategis

Sejumlah program pembangunan infrastruktur strategis bakal dilakukan di Kota Pekalongan secara multiyears.

Penulis: Bardjan | Editor: moh anhar

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Sejumlah program pembangunan infrastruktur strategis bakal dilakukan di Kota Pekalongan secara multiyears.

Mulai dari pembangunan pelabuhan onshore, penanganan banjir rob, pengembangan transit oriented development, spam regional Petanglong, pembangunan rumah susun perkotaan, hingga pengembangan Pekalongan baru.

Guna menyinkronkan beberapa pembangunan strategis yang masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), tim dari Pemerintah Pusat terdiri di antaranya Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI terus mematangkan koordinasi dengan Pemerintah Kota Pekalongan terkait Infrastruktur program-program pembangunan strategis di Kota Pekalongan, bertempat di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Kamis (9/9/2021).

Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid mengaku bersyukur audiensi Pemerintah Kota Pekalongan ke kantor Kemenkomarvest beberapa waktu yang lalu langsung direspon positif dengan tindaklanjut tim dari pemerintah pusat datang ke Kota Pekalongan, untuk meninjau titik-titik lokasi yang akan dibantu pembangunan infrastruktur.

"Alhamdulillah hari ini, tim dari pemerintah pusat berkunjung ke Kota Pekalongan meninjau langsung lokasi mana saja yang akan dibantu pembangunan strategis di Kota Pekalongan, termasuk Pelabuhan Onshore, dari BBWS juga ada program penanggulangan banjir dan rob, Bendung Gerak, Rusunawa, Transit Oriented Development, dan sebagainya," kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Wali Kota berharap, dengan koordinasi ini penanganan permasalahan-permasalahan di Kota Pekalongan bisa segera terealisasi.

Menurutnya, permasalahan di Kota Pekalongan ini sangat kompleks. Sehingga dengan keterbatasan anggaran daerah yang ada, bisa dibantu dicarikan solusi dengan koordinasi bersama pemerintah pusat maupun pemerintah Provinsi.

"Pembangunan infrastruktur strategis di Kota Pekalongan yang saat ini tengah digarap terlebih dahulu adalah penanganan banjir dan rob yang dilakukan oleh Kemen-PUPR melalui Pusdataru dan BBWS Pemali Juana."

"Dengan keterbatasan APBD, kami terus berkomunikasi dengan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat untuk penanganan permasalahan di Kota Pekalongan. Mudah-mudahan nantinya pembangunan infrastruktur ini bisa membawa keberkahan bagi Kota Pekalongan yang lebih baik lagi," ujarnya.

Selanjutnya, ada program untuk mengembalikan sektor perikanan yaitu pembangunan pelabuhan onshore dan disusul program-program pembangunan lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved