Breaking News:

Berita Semarang

DPRD Kota Semarang Dorong Perusahaan Gunakan Air dari PDAM

Dewan orong pemerintah imbau kepada perusahaan-perusahaan agar tak ambil air bawah tanah berlebihan.

Penulis: Eka Yulianti Fajlin | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/ Eka Yulianti Fajlin
DPRD Kota Semarang menggelar dialog interaktif bertema Optimalisasi dan Inovasi Pelayanan PDAM, di Studio TVKU, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Mualim, mendorong pemerintah memberikan imbauan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Lunpia agar tidak mengambil debit air bawah tanah secara berlebihan. Hal itu karena bisa merusak lingkungan.

"Banyak perusahaan bikin sumur. Bahkan, mungkin pemerintah tidak tahu. Setelah dibangun pabrik, ngebor di dalam. Sedangkan sedot sumur di perushaan tidak hanya 1 titik, bisa  3-4 titik. Ini otomatis mengurangi debit air bawah tanah dan merusak lingkungan," ujarnya saat dialog interaktif bersama DPRD Kota Semarang, di Studio TVKU, Jumat (10/9/2021).

Menurutnya, persoalan itu dapat disikapi oleh pemerintah melalui pengurusan perizinan perusahaan.

Perizinan perusahaan bisa disyaratkan menggunakan air PDAM. jika perlu, syarat itu dimasukan dalam surat edaran atau peraturan daerah. 

Namun sebelum aturan tersebut diberlakukan, menurutnya, PDAM Tirta Moedal harus siap menyuplai air dalam jumlah besar.

Pasalnya, kebutuhan air perusahaan bisa mencapai ratusan bahkan ribuan kubik.

"Kalau siap menyuplai, saya yakin perusahaan bisa mengikuti walaupun sekarang sudah bikin sumur bor. Kalau tidak ya ada sanksinya. Ini untuk menghindari kerusahan lingkungan," terang politisi Partai Gerindra.

Di sisi lain, lanjut Mualim, pelanggan PDAM pun akan lebih banyak.

Otomatis pemasukan yang didapatkan akan lebih besar, sehingga PDAM tidak perlu minta bantuan kepada pemerintah untuk perawatan.

Dia berharap, PDAM bisa terus berinovasi dalam melayani kebutuhan air untuk warga Semarang.

"Yang tidak kalah penting, meningkatkan produksi untuk kepentingan masyarakat. Ada sekitar 1,7 juta warga Semarang. Maka, PDAM harus berinovasi bagaimana debut air bisa mencukupi semua, bisa besar. Apakah ada sumber lain yang bids dimanfaatkan," terangnya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved