Breaking News:

Berita Perbankan

Kala Bank Syariah Berebut Nasabah Baru via Mobile Banking

Tren digitalisasi membuat bank syariah dan unit usaha syariah mengoptimalkan layanan digital. Kini, bank syariah berebut akuisisi nasabah

Editor: Catur waskito Edy
tribunjateng.com/HERMAWAN HANDAKA
ILUSTRASI Pelayanan bank muamalat di Ciputra Semarang 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA -- Tren digitalisasi membuat bank syariah dan unit usaha syariah mengoptimalkan layanan digital. Kini, bank syariah berebut akuisisi nasabah baru lewat fitur buka rekening online di aplikasi mobile banking.

Unit Usaha Syariah PT Bank CIMB Niaga Tbk misalnya yang memberikan opsi membuka rekening baru melalui layanan Super App OCTO Mobile. Tujuannya, nasabah bisa membuka rekening tabungan berbasis syariah langsung dari ponsel tanpa harus datang ke kantor cabang.

“Kami memiliki produk Tabungan OCTO Savers-iB yang memberikan 60 kali transaksi tanpa biaya setiap bulan untuk tarik tunai, transfer, dan Top-Up e-Wallet. Nasabah juga bisa berinvestasi dengan memilih Deposito Berjangka-iB mulai dari Rp 5 juta dengan bagi hasil yang kompetitif,” kata Direktur Syariah Banking PT Bank CIMB Niaga Tbk, Pandji P Djajanegara, Kamis (9/9).

Pembukaan rekening secara digital itu juga bisa untuk membuka rekening kedua, baik dalam bentuk rupiah maupun valuta asing. "Transaksi digital kami sudah berkisar 95-96 persen. Kami sangat siap dalam bersaing secara digital. Kami sedang mencoba untuk proses daftar haji secara digital,” papar Pandji.

Tak mau kalah, PT Bank Muamalat Indonesia Tbk memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi mobile banking Muamalat DIN bernama Smart Account Opening (SAO). Direktur Operasi Bank Muamalat, Awaldi menuturkan, perkembangan layanan berbasis digital akan terus meningkat seiring dengan pergeseran kebiasaan nasabah yang semakin digital di tengah pandemi.

“Nasabah kami semakin sedikit yang datang ke kantor cabang, dan lebih memilih bertransaksi secara digital, terutama selama pandemi covid-19. Kami memiliki nasabah yang sangat loyal, sehingga kami juga ingin memberikan layanan terbaik bukan hanya secara fisik, tapi juga digital,” ujarnya, Kamis (9/9).

Direktur Bisnis Ritel Bank Muamalat, Purnomo B Soetadi menuturkan, fitur SAO memungkinkan calon nasabah membuka akun rekening secara online. Diharapkan dengan hadirnya fitur baru ini jumlah akuisisi nasabah baru di Bank Muamalat semakin meningkat, dan berdampak positif terhadap volume transaksi di aplikasi Muamalat DIN.

“Saat ini jumlah transaksi yang diproses via Muamalat DIN sudah lebih dari 1 juta transaksi/bulan. Kami optimistis dengan hadirnya fitur baru ini akan membantu pembukaan rekening baru sebanyak 14.000-16.000 per bulan. Dengan demikian, terdapat potensi peningkatan jumlah transaksi sebanyak 30 persen/bulan,” paparnya.

Transformasi

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BS) juga terus melakukan transformasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara daring (online).

Melalui pengembangan aplikasi BSI Mobile, yakni fitur terbaru Know Your Customer-Biometric, BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah.

Dengan fitur anyar yang dilengkapi keunggulan sistem biometrik, calon nasabah BSI kini dapat membuka rekening tabungan secara online (digital onboarding) dengan cepat, mudah, dan seamless. Terobosan itu ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para calon nasabah BSI.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi menyatakan, melalui fitur ini calon nasabah BSI dapat membuka rekening online. "Kami berkomitmen akan terus meningkatkan customer experience dari calon nasabah dan nasabah BSI, melalui kanal-kanal digital yang kami hadirkan," ucapnya.

Animo masyarakat terhadap layanan keuangan BSI cukup meningkat, di mana jumlah pembukaan rekening online per awal Juni 2021 mencapai lebih dari 400 ribu NoA dengan rata-rata 2.000 pembukaan rekening online yang terdata setiap hari.

Hingga awal Juni 2021, jumlah pengguna BSI Mobile mencapai lebih dari 2 juta user, dan transaksi BSI Mobile meningkat signifikan sebesar 73,78 persen secara tahunan . Targetnya, pembukaan rekening online melalui BSI Mobile meningkat menjadi sebanyak 3.000 NoA per hari. (Kontan/Maizal Walfajri)

Baca juga: Tips Atasi Kambuhnya Penyakit Maag

Baca juga: Viral Video Ribuan Burung Pipit Tiba-tiba Mati Berjatuhan di Kuburan, Ini Kesaksian Perekam

Baca juga: Senjata KKB Papua Dipastikan Buatan Amerika, Terungkap Jalur Penyelundupannya

Baca juga: Bupati Kudus HM Hartopo Komitmen Dukung Pelaku UMKM

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved