Breaking News:

Satgas Minta Kepala Daerah Proaktif Penuhi Kebutuhan Vaksin

untuk segera mempercepat melakukan vaksinasi, perlu adanya upaya proaktif antara keduanya, yakni pusat dan daerah.

Editor: Vito
Istimewa
Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito meminta para gubernur mengadvokasi kebutuhan vaksin covid-19 untuk wilayah kabupaten/kota. Hal itu untuk mengantisipasi ketimpangan distribusi vaksin covid-19 secara nasional.

"Gubernur pun (diharapkan-Red) mampu menjadi perpanjangan tangan pimpinan daerah wilayah administratif di bawahnya untuk advokasikan kebutuhan dosis vaksin di bawahnya," ujarnya, dalam konferensi pers virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (10/9).

Selain itu, menurut dia, para bupati dan wali kota juga diminta aktif berkoordinasi dengan gubernur setempat. Pasalnya, gubernur yang menjadi penerima informasi pertama soal stok vaksin dari pemerintah pusat.

Wiku menuturkan, saat ini pemerintah berupaya terus memperbanyak stok vaksin covid-19 untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi nasional melalui berbagai skema.

"Namun, untuk segera mempercepat melakukan vaksinasi, perlu adanya upaya proaktif antara keduanya, yakni pusat dan daerah. Hal ini juga akan jadi input bagi Kementerian Kesehatan, termasuk untuk perbaikan mekanisme distribusi dan logistik (vaksinasi-Red) agar segera ditindaklanjuti," paparnya.

Seperti diketahui, sejumlah pemerintah daerah pernah mengeluhkan stok vaksin covid-19 yang menipis.

Sementara, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya mengkhawatirkan distribusi vaksin yang didasarkan pada pertimbangan kewilayahan dapat terus-menerus menimbulkan ketimpangan vaksinasi antardaerah.

Kebijakan distribusi vaksin berbasis kewilayahan itu tidak sesuai dengan anjuran WHO, yang mendorong setiap negara menentukan target vaksinasi berdasarkan kelompok populasi.

Adapun, Indonesia kembali kedatangan lebih dari 1,6 juta dosis vaksin covid-19 pada Jumat (10/9).

Vaksin yang datang yakni 358.700 dosis AstraZeneca hasil kerja sama RI dengan pemerintah Perancis melalui jalur multilateral Covax Facility.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved