Breaking News:

Berita Semarang

Disdikbud Gelar KSN 2021 Secara Daring, Pemenang Akan Wakili Jawa Tengah di Tingkat Nasional

Disdikbud Jawa Tengah melakukan penjaringan siswa yang akan dikirim ke Kompetisi Sains Nasional (KSN) mewakili Provinsi Jawa Tengah di tingkat nasion

Penulis: m zaenal arifin | Editor: m nur huda
Istimewa/Dok. BPTIK Dikbud Jateng
Plt Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Yuni Astuti, membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah sekaligus membuka KSN tingkat provinsi secara daring, Jumat (10/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah melakukan penjaringan siswa yang akan dikirim ke Kompetisi Sains Nasional (KSN) mewakili Provinsi Jawa Tengah di tingkat nasional yang akan berlangsung Oktober 2021 mendatang.

Penjaringan dilakukan dengan menggelar KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah yang berlangsung secara daring mulai Senin-Kamis (13-16/9/2021) besok.

Sebanyak 1.234 siswa SMA se Jawa Tengah akan berkompetisi pada 9 cabang lomba yaitu matematika, biologi, fisika, kimia, astronomi, kebumian, informatika/komputer, ekonomi, dan geografi.

"Pemenang di tiap cabang lomba nantinya akan mewakili Jawa Tengah di KSN 2021 tingkat nasional pada 25-30 Oktober 2021 mendatang," kata Kepala Bidang Pembinaan SMA/MA Disdikbud Jawa Tengah, Samsyudin Isnaini, dalam pembukaan KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah yang digelar secara saring, Jumat (10/9/2021).

Para KSN 2021 ini, mengangkat tema Sains Pulihkan Negeri Kobarkan Semangat Jateng Raih Prestasi. Pada KSN periode sebelumnya, Jawa Tengah menempati peringkat 5 nasional.

"Sebelumnya, Jawa Tengah menempati peringkat 5. Kami menargetkan pada KSN kali ini, Jawa Tengah bisa menjadi juara umum, setidaknya peringkat 3 besar," ucapnya.

Dalam pembukaan KSN kemarin, Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Plt Kepala Disdikbud Jawa Tengah, Yuni Astuti memberikan semangat kepada para siswa SMA se Jawa Tengah yang menjadi peserta KSN tingkat Provinsi Jawa Tengah.

"Selamat kepada para siswa yang terpilih mewakili sekolah masing-masing. Ini adalah buah dari ketekunan belajar kalian. Karena itu manfaatkan sebaik-baiknya untuk meraih prestasi yang lebih baik pada jenjang yang lebih tinggi," katanya.

Ia menuturkan, pendidikan mempunyai peran strategis dalam membangun sebuah bangsa. Hal ini mengandung makna bahwa pendidikan harus mampu berfungsi mengembangkan kemampuan dalam membentuk karakter para penerus bangsa.

"Pendidikan adalah salah satu alat pemersatu bangsa dan salah satu pintu gerbang meraih kesejahteraan. Maka kita menempatkan pendidikan sebagai program prioritas dalam pembangunan di Jawa Tengah," tandasnya.

Meski KSN dilaksanakan pada masa pandemi, diharapkan tidak menyurutkan semangat para peserta. Sebaliknya, justru menjadi tantangan untuk memacu perkembangan ilmu pengetahuan dan membawa hikmah besar bagi dunia sains.

"Tunjukkan kalian anak-anak Jawa Tengah adalah generasi muda yang ulet, jujur dan pantang menyerah menghadapi tantangan," ucapnya memotivasi.

Sementara, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Provinsi Jawa Tengah, Agung Wijayanto menyatakan dukungannya dalam pelaksaan KSN ini.

"MKKS berkomitmen untuk menyukseskan penyelenggaraan KSN dan mendapatkan prestasi terbaik untuk siswa siswi di Jawa Tengah," ungkapnya. (Nal)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved