Breaking News:

Berita Tegal

Balita di Tegal Miliki Kebiasaan Makan Tanah karena Orangtua Tak Pernah Belikan Jajan

Kebiasaan aneh dilakukan seorang balita berusia tiga tahun di Kota Tegal, Jawa Tengah. Balita tersebut memiliki kegemaran makan tanah.

Editor: m nur huda
Kompas.com/Tresno Setiadi
VF (3) balita yang memiliki kegemaran makan tanah di kediamannya di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah, Sabtu (11/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, TEGAL - Kebiasaan aneh dilakukan seorang balita berusia tiga tahun di Kota Tegal, Jawa Tengah. Balita tersebut memiliki kegemaran makan tanah.

Diduga, kebiasaan balita berinisial VF itu muncul setelah orangtua hampir tidak pernah membelikan jajan karena tak mampu secara ekonomi.

"Sejak bisa jalan atau usia dua tahun dia gemar makan tanah sama pecahan-pecahan tembok," kata Umrotun Khasanah (40), ibu dari VF ditemui wartawan di kediamannya di Kelurahan Debong Lor, Kecamatan Tegal Barat, Sabtu (11/9/2021).

Umrotun bercerita, awal pertama kali melihat anaknya memakan tanah dari reruntuhan tembok di dalam rumahnya setahun lalu.

"Saat itu main sendiri di dalam rumah dan saya tinggal memasak. Saat saya lihat dia sedang makan tanah dari pecahan tembok," kata Umrotun.

Umrotun sendiri mengaku sudah menegur agar anaknya tak melakukan hal tersebut.

Namun saat tidak dalam pengawasan, kegiatan itu kembali dilakukan hingga akhirnya menjadi kebiasaan sampai sekarang.

"Katanya enak. Kalau main di luar, juga tanah yang dimakan. Dan kalau dilarang dia nangis. Akhirnya keterusan sampai sekarang," kata Umrotun.

Umrotun sendiri mengaku belum pernah membawa anaknya ke dokter.

Baik untuk sekadar berkonsultasi, maupun mengobati sakit perut yang kerap dialami anaknya usai memakan tanah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved