Breaking News:

Biden Teteskan Air Mata Kenang Serangan Teroris 11 September di AS

Biden lebih banyak menunduk dengan menyilangkan tangan upacara. Pada satu saat, Biden tampak mengusap air mata yang menetes di pipi.

Editor: Vito
CRAIG RUTTLE / POOL / AFP
Katie Mascali yang berduka, dihibur oleh tunangannya Andre Jabban, di dekat nama ayahnya Joseph Mascali, selama upacara di National September 11 Memorial & Museum memperingati 20 tahun serangan teroris 11 September di World Trade Center, di Kota New York, Sabtu (11/9 . 

TRIBUNJATENG.COM, NEW YORK - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan dua mantan presiden, Barack Obama serta Bill Clinton, menghadiri upacara peringatan 20 tahun tragedi 11 September di New York, AS.

Seperti dilansir Associated Press, ketiganya mengikuti upacara di kawasan monumen Menara Kebebasan. Menara itu berdiri di atas bekas lahan Gedung World Trade Center yang hancur akibat serangan teror kelompok Al Qaeda dengan menabrakkan dua pesawat.

Dalam upacara itu, baik Biden, Obama dan Clinton mengenakan pita berwarna biru dan menempelkan tangan kanan ke dada sebelah kiri selama proses pengibaran bendera.

Sejumlah penduduk juga memadati tempat upacara itu, terutama bagi mereka yang kehilangan anggota keluarga ataupun sanak saudara dalam kejadian itu.

Sejumlah penduduk bahkan membawa foto anggota keluarga mereka yang meninggal dalam kejadian itu saat upacara.

Biden, Obama, dan Clinton juga ditemani oleh istri masing-masing dalam upacara itu. Upacara itu dimulai dengan atraksi jet tempur yang melintas.

Selama upacara, Biden lebih banyak menunduk dengan menyilangkan tangan sambil mendengarkan nama-nama korban tewas dalam kejadian itu yang dibacakan. Pada satu saat, Biden tampak mengusap air mata yang menetes di pipi.

Saat peristiwa itu terjadi 20 tahun lalu, Biden adalah seorang senator di Kongres AS. Lantas pada 2011, dia menjadi wakil presiden AS dan memperingati satu dasawarsa tragedi itu.

Setelah menghadiri upacara itu, Biden menyempatkan diri singgah ke gedung Kementerian Pertahanan AS (Pentagon) pada sore hari. Gedung itu juga menjadi satu target serangan Al-Qaeda pada 2001 silam.

Biden juga mengunjungi lokasi jatuhnya pesawat ketiga yang hendak menyerang Washington DC, di sebuah tanah lapang di Shanksville, Pennsylvania.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved