Breaking News:

Erick Thohir Pacu Sinergi BUMD-BUMN

sinergi BUMN dan BUMD dinilai perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

Editor: Vito
Istimewa
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir 

TRIBUNJATENG.CO, JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mendorong BUMD untuk meningkatkan sinergi dengan sejumlah pihak di tengah kondisi pandemi, terutama dengan BUMN.

Menurut dia, sinergi BUMN dan BUMD perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

“Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” katanya, dalam keterangannya, saat penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

Erick menuturkan, ekonomi Indonesia tengah dalam tahap pemulihan setelah terdampak covid-19, di mana ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

“Usaha dan inisiatif dari pusat tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah,” ujarnya.

Ia menyebut, saat ini beberapa BUMN dan BUMD telah bekerja sama, seperti PT Tjipinang Food Station yang merupakan BUMD milik Pemerintah DKI Jakarta dengan PT Sang Hyang Sri (Persero), perusahaan yang bergerak di bidang pertanian.

Pada sektor transportasi, kata Erick, BUMN dan BUMD di DKI Jakarta membangun joint venture, serta sistem transportasi terintegrasi di Jabodetabek. Sinergi juga dilakukan dalam pengelolaan kawasan Kota Tua Sunda Kelapa, Jakarta.

“Kami sangat terbuka untuk membuka kerja sama lain dengan BUMD dan pemda,” ucapnya.

Kepala Balitbang Kemendagri, Agus Fathoni menyebut, sinergi BUMD perlu dikembangkan secara maksimal. Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah.

Menurut dia, sesama BUMD tidak perlu bersaing, tetapi justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lain.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved