Breaking News:

Berita Internasional

Ratusan Ribu Warga Catalonia Gelar Demonstrasi Besar-besaran, Tuntut Merdeka dari Spanyol

Ratusan ribu warga Catalonia turun ke jalan menggelar demonstrasi menyerukan kemerdekaan kawasan itu dari Spanyol, Sabtu (11/9/2021). Warga Catalonia

Editor: m nur huda
AP PHOTO/JOAN MATEU PARRA
Demonstran berbaris memegang bendera pro-kemerdekaan selama Hari Nasional Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 11 September 2021. 

TRIBUNJATENG.COM, BARCELONA - Ratusan ribu warga Catalonia turun ke jalan menggelar demonstrasi menyerukan kemerdekaan kawasan itu dari Spanyol, Sabtu (11/9/2021).

Warga Catalonia itu meneriakan slogan, menyanyi, dan mengibarkan bendera saat mereka turun ke jalan di Barcelona.

Pawai, yang diselenggarakan oleh kelompok akar rumput Assemblea Nacional Cataloniaa (ANC), adalah yang pertama sejak pemerintah Spanyol mengampuni sembilan pemimpin separatis Catalonia.

Mereka sebelumnya dipenjara karena peran mereka dalam upaya menuntut kemerdekaan pada 2017 yang gagal.

Pria berpakaian kostum menembakkan senapan mereka selama pertunjukan untuk merayakan Hari Nasional Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 11 September 2021.
Pria berpakaian kostum menembakkan senapan mereka selama pertunjukan untuk merayakan Hari Nasional Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 11 September 2021. (AP PHOTO/JOAN MATEU PARRA)

Gerakan itu merupakan krisis politik terbesar Spanyol dalam beberapa dekade.

Sebagian besar pengunjuk rasa mengenakan masker wajah.

Polisi mengatakan sekitar 108.000 orang ambil bagian dalam aksi tersebut.

ANC menempatkan angka itu mendekati 400.000.

Angka itu lebih rendah dari pada 2019, ketika sekitar 600.000 orang melakukan pawai, dan tahun lalu, ketika hanya protes statis kecil diselenggarakan untuk mematuhi pembatasan Covid-19.

Beberapa dari sembilan politisi dan aktivis yang diampuni menghadiri protes pada Sabtu (11/9/2021).

Para demonstran berbaris memegang bendera pro-kemerdekaan selama Hari Nasional Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 11 September 2021.
Para demonstran berbaris memegang bendera pro-kemerdekaan selama Hari Nasional Catalonia di Barcelona, Spanyol, Sabtu, 11 September 2021. (AP PHOTO/JOAN MATEU PARRA)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved