Breaking News:

Berita Kudus

15 Benda Peninggalan Raja Kretek di Museum Dipastikan Asli

Benda-benda peninggalan Nitisemito di Museum Kretek dipastikan keasliannya.

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Seminar hasil kajian koleksi Museum Kretek di Hotel Hom, Senin (13/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Benda-benda peninggalan Nitisemito di Museum Kretek dipastikan keasliannya.

Sedikitnya ada 15 peninggalan Raja Kretek yang tersimpan di sana.

Keaslian peninggalan Nitisemito itu semakin dikuatkan setelah melalui proses kajian selama dua pekan. Kajian tersebut melibatkan kurator dari Museum Ranggawarsita dan arkeolog industri.

"Dipastikan asli kalau yang di Museum Kretek. Mulai tahap pengumpulan data, tinjauan secara langsung melihat benda, hingga literatur yang bisa memaknai dari setiap peninggalan Mbah Nitisemito. 15 koleksi itu di luar buku administrasi yang beberapa waktu lalu sudah dikaji," kata Kurator Museum Ranggawarsita, Laela Nurhayati Dewi, dalam seminar hasil kajian koleksi Museum Kretek di Hotel Hom, Senin (13/9/2021).

Sebanyak 15 benda peninggalan Nitisemito tersebut yakni pena, tempat rokok, cover tempat korek api kayu, gantungan kunci berlogo macan, logo bal tiga, pin berlambang bal tiga, surat 3 Oktober 1934, agen produk bal tiga, surat 17 September 1947 untuk Bea Cukai Kudus, amplop, kartu pos, dan sejumlah foto.

"Benda-benda itu telah didisplay di ruang Nitisemito di Museum Kretek," katanya.

Benda-benda itu menandakan kejayaan Nitisemito dengan merek Tjap Bal Tiga sebagai pengusaha rokok kretek di Kudus awal abad 20.

Menurut Laela, kenapa Nitisemito memilih lingkaran pada logo berikut warna sangat terang untuk kestabilan, ketegasan, dan eksistensi perusahaan.

"Ada juga pin tiga lingkaran emas untuk dipakai Raja Kretek dan tamu kehormatan yang menunjukkan kemewahan dan kemakmuran," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved