Breaking News:

Berita Pati

Pemkab dan DPRD Pati Sepakati Raperda Perubahan APBD 2021

Pemerintah Kabupaten Pati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat melakukan persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah

Penulis: Mazka Hauzan Naufal | Editor: galih permadi
TRIBUNJATENG/MAZKA HAUZAN NAUFAL
Pemkab dan DPRD Pati melakukan persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2021, Selasa (14/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PATI - Pemerintah Kabupaten Pati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat melakukan persetujuan bersama terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2021.

Persetujuan bersama ini dilakukan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati, Selasa (14/9/2021).

Sebelum menandatangani persetujuan bersama ini, Bupati Pati Haryanto memaparkan pendapat akhirnya.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini kami menyampaikan penghargaan dan terima kasih setinggi-tingginya kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat dan seluruh jajaran eksekutif yang telah melaksanakan pembahasan sesuai tahapan dan agenda yang telah disepakati,” kata dia.

Haryanto memaparkan sejumlah hasil pembahasan Raperda Perubahan APBD 2021 yang hari ini disetujui bersama untuk ditetapkan sebagai peraturan daerah.

Pertama, mengenai pendapatan daerah. Setelah pembahasan, terdapat penambahan target pada akun pendapatan lain-lain yang sah sebesar Rp 420 juta.

“Penambahan ini bersumber dari dana BOS kinerja dan BOS afirmasi. Sehingga pendapatan daerah menjadi sebesar Rp 2,675 triliun,” papar dia.

Kedua mengenai belanja daerah. Setelah pembahasan, ditetapkan penambahan sebesar Rp 429 juta untuk kegiatan yang bersumber dari BOS Kinerja dan BOS Afirmasi.

Kegiatan tersebut dianggarkan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud). Setelah penambahan, anggaran belanja daerah menjadi sebesar Rp 2,776 triliun.

Haryanto menambahkan, di samping adanya peningkatan jumlah belanja tersebut, terdapat pula pergeseran anggaran belanja. Di antaranya pergeseran belanja antarorganisasi maupun unit organisasi.

Adapun aspek Pembiayaan Daerah, sebut dia, tidak mengalami perubahan dari rancangan perubahan APBD 2021.

Setelah persetujuan bersama ini, Raperda tentang Perubahan APBD Pati 2021 akan disampaikan pada gubernur Jawa Tengah untuk dievaluasi. (mzk)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved