Breaking News:

Berita Kebumen

Tebing Batu Selaranda Karangsambung Kebumen Sering Longsor, Materialnya Batu Besar

Jalan yang menghubungkan Kecamatan Sadang, dan Kecamatan Karangsambung menuju kota Kebumen itu sempat terputus karena tertutup material longsor

Penulis: khoirul muzaki | Editor: muslimah
TribunJateng.com/Khoirul Muzaki
pengendara melintas di antara batu lokasi longsor Tebing Selaranda 

TRIBUNBANYUMAS. COM, KEBUMEN - Bencana alam tanah longsor mulai mengintai masyarakat di musim peralihan. Terlebih hujan sudah mulai mengguyur sebagian wilayah di Kabupaten Kebumen

Usai diguyur hujan, sebuah tebing Selaranda di Desa Langse Kecamatan Karangsambung, Kebumen longsor, Senin malam (13/9/2021).  Tebing itu masuk ke dalam kawasan cagar alam Geopark Karangsambung-Karangbolong. 

Batu-batu berukuran besar jatuh dan menimbun badan jalan. 

Jalan yang menghubungkan Kecamatan Sadang, dan Kecamatan Karangsambung menuju kota Kebumen itu sempat terputus karena tertutup material longsor.

Beruntung tidak ada korban akibat kejadian itu. Padahal, biasanya, di jam-jam sama saat waktu kejadian, arus lalu lintas kendaraan masih ramai. 

Untuk membuka jalan itu ternyata tidak mudah. Material longsor kebanyakan adalah batu besar, bukan tanah yang lebih mudah dibersihkan. 

"Kebanyakan adalah batu, karena itu tebing batu, " kata Rescuer Unit Bantuan Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kebumen Untung Sudarmo, Selasa (14/9/2021) 

Untung mengatakan, batu terbesar berukuran diameter 3 meter lebih. Batu-batu lebih kecil lainnya yang menutup jalan berukuran bervariasi, dengan diameter sekitar satu meteran atau lebih. 

Petugas dan relawan membersihkan batu yang menutup jalan dengan cara manual.

Karena sulit diangkat, batu berukuran besar harus dipecah dulu menggunakan palu oleh warga setempat yang biasa memecah batu. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved