Breaking News:

Berita Semarang

BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda bersama Dinsos Sosialisasi Program Pekerja Sosial

BPJAMSOSTEK dan Dinsos Semarag melakukan sosialisasi program pekerja sosial untuk mendapatkan jaminan keselamatan kerja.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: Daniel Ari Purnomo
BPJamsostek Cabang Semarang Pemuda
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Semarang Pemuda bersama Dinas Sosial Kota Semarang melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerja sosial, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Kantor Cabang Semarang Pemuda bersama Dinas Sosial Kota Semarang melaksanakan kegiatan sosialisasi dan edukasi program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerja sosial, Rabu (15/9/2021).

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda Teguh Wiyono dan Kepala Dinas Sosial Muthohar dan Para pekerja sosial masyarakat kota semarang.

"Kegiatan disambut antusias oleh para pekerja sosial masyarakat Kota Semarang yang memiliki keinginan yang untuk dapat mengikuti program BPJAMSOSTEK. Ini karena kesadaran mereka akan risiko yang akan dihadapi dalam melaksanakan pekerjaan dan melihat besaran manfaat dari program tersebut yang pastinya sangat bermanfaat bagi mereka," kata Teguh seperti dalam keterangan tertulis yang diterima tribunjateng.com.

Teguh melanjutkan, program jaminan sosial ketenagakerjaan ini ditujukan untuk seluruh para pekerja sosial, seperti PSM (Pekerja Sosial Masyarakat), TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan), Pekerja Difabel, Tagana (Taruna Siaga Bencana), Pelopor (Tenaga Pelopor Perdamaian).

Adapun para pekerja tersebut telah dinyatakan resmi menjadi peserta BPJAMSOSTEK ketika telah membayarkan iuran.

Pada saat itu juga peserta telah terlindungi oleh jaminan sosial ketenagakerjaan, sehingga walaupun masa kepesertaannya baru hitungan hari, para peserta tetap tertanggung dalam program BPJAMSOSTEK.

Para peserta BPJAMSOSTEK kemudian akan mendapatkan manfaat Jaminan Keselamatan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) dapat dimanfaatkan bagi para pekerja sosial yang telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK.

"Bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja, di samping mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batas, kemudian pengganti penghasilan yang hilang, dan santunan kematian, para peserta juga akan mendapatkan beasiswa untuk anaknya," imbuhnya.

Teguh berharap agar kedepannya semakin banyak kolaborasi yang tercipta dengan Dinas Sosial Kota Semarang untuk melakukan sosialisasi kepada pekerja sosial yang berada di wilayah Kota Semarang.

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar mengungkapkan dukungannya terhadap program dan kegiatan yang dilakukan BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda.

Menurutnya, ke depan pihaknya akan semakin mendukung penuh terkait optimalisasi jaminan sosial ketenagakerjaan kepada para pekerja sosial masyarakat kota semarang.

“Para Pekerja Sosial Masyarakat ini mempunyai peranan yang sangat mulia karena membantu orang-orang yang sedang tertimpa musibah ataupun dalam kesusahan, sehingga dirasa perlunya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi para pekerja sosial di Kota Semarang” kata Muthohar. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved