Breaking News:

Berita Karanganyar

Pemkab Karanganyar Aturan Baru ASN: Siap Sanksi ASN Ikut Kampanye dan Gunakan Fasilitas Negara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan mematuhi aturan baru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94/2021

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
Tribun Jateng/ Agus Iswadi
Sekda Karanganyar, Sutarno. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar akan mematuhi aturan baru Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94/2021.

Ada beberapa poin dalam aturan tersebut di antaranya ASN dilarang memberikan dukungan kepada calon Presiden/Wakil Presiden, calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah, calon anggota DPR, DPD atau calon anggota DPRD.

ASN juga tidak boleh mengikuti kampanye menggunakan atribut partai atau atribut PNS serta menggunakan fasilitas PNS serta mengerahkan PNS dalam kampanye.

Selain aturan terkait kegiatan kampanye saat pesta demokrasi, ASN yang tidak masuk kerja atau bolos dalam kurun waktu tertentu juga akan dikenakan sanksi berupa pemberhentian secara hormat.

Sekda Karanganyar, Sutarno menyampaikan, Pemkab Karanganyar akan mengikuti aturan terbaru terkait disiplin ASN.

Pihaknya juga akan menyosialisasikan peraturan tersebut supaya dapat dipahami oleh semua ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar.

"Pastinya kami akan mematuhi aturannya. Kalau aturannya dilarang, pastinya akan kami larang juga. Jangan sampai ada ASN yang ikut berkampanye saat Pemilu nanti," katanya kepada Tribunjateng.com, Rabu (15/9/2021).

Dia menjelaskan, apabila ada ASN yang melanggar tentu akan dikenakan sanksi baik itu surat peringatan hingga penurunan jabatan.

Tercatat ada sekitar 8.000-an ASN di lingkungan Pemkab Karanganyar.

"Tidak semuanya kemudian disanksi berat. Dikategorikan lagi sesuai kesalahannya. Kalau memang berat ya pastinya konsekuensinya akan berat," jelasnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved