Breaking News:

Berita Kudus

Petani di Kudus Rasakan Manisnya Harga Kacang Hijau

Petani di Desa Larikrejo, Kecamatan Undaan, Kudus merasakan 'manisnya' harga kacang hijau. Saat ini menginjak musim panen, harga kacang hijau per kilo

Penulis: Rifqi Gozali | Editor: m nur huda
Tribun Jateng/Rifqi Gozali
Sejumlah petani sedang memanen kacang hijau menggunakan combine harvester di Desa Larikrejo, Kecamatan Undaan, Kudus, Rabu (15/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, KUDUS - Petani di Desa Larikrejo, Kecamatan Undaan, Kudus merasakan 'manisnya' harga kacang hijau. Saat ini menginjak musim panen, harga kacang hijau per kilogram mencapai Rp 17 ribu.

Harga ini lebih tinggi dibanding harga kacang hijau tahun sebelumnya. Mendapati harga yang tinggi, para petani merasa bahwa hasil jerih payahnya menuai hasil yang memuaskan.

"Harganya bagus. Naik turunnya Rp 17 ribu per kilogram," kata seorang petani di Desa Larikrejo, Sulin (60).

Menurut Sulin, harga kacang hijau dari petani hanya di angka Rp 12.300 pada tahun lalu. Petani bisa benar-benar merasakan nikmatnya menanam kacang hijau ketika harga jualnya minimal di angka Rp 15 ribu.

Petani lainnya, Mamfu Handogo, luasan lahan di bawah kendali kelompok tani di Desa Larikrejo yakni seluas 202 hektare.

Pada tahun ini, para petani mendapat bantuan benih kacang hijau dari Kementerian Pertanian dari alokasi APBN sebanyak 2.250 kilogram.

Benih tersebut hanya mencukupi luasan tanam di lahan 90 hektare.

Adapun jenis benih dari Kementerian Pertanian itu varietas vima 1.

Varietas ini memiliki keunggulan lebih cepat panen dibanding varietas yang lain.

"Benih dari varietas vima 1 ini 55 hari sejak masa tanam sudah berani panen" kata Mamfu Handogo yang juga sebagai pengurus Gabungan Kelompok Tani Larikrejo.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved