Breaking News:

Berita Karanganyar

Disparpora Karanganyar Optimis Target PAD Tahun 2021 Tercapai

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar optimis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata tahun 2021 tercapai.

Penulis: Agus Iswadi | Editor: Daniel Ari Purnomo
TRIBUN JATENG/AGUS ISWADI
Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto. 

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar optimis target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata tahun ini dapat tercapai meski terdampak adanya pandemi Covid-19.

Kepala Disparpora Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, memang jumlah PAD tahun ini lebih kecil dibanding tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,2 miliar.

Adanya pandemi Covid-19 otomatis berdampak terhadap PAD dari sektor pariwisata mengingat objek wisata yang dikelola pemerintah sempat ditutup sementara karena adanya pembatasan kegiatan masyarakat.

Melihat kondisi tersebut target PAD sektor pariwisata mengalami revisi dari semula Rp 900 juta menjadi Rp 600 juta.

"Sekarang objek wisata (swasta) sudah jalan tapi yang dikelola pemerintah belum buka. Hanya jalur pendakian Gunung Lawu saja yang buka," katanya saat dihubungi Tribunjateng.com, Kamis (16/9/2021).

Lanjutnya, sedangkan objek wisata yang dikelola pemerintah seperti Candi Cetho, Candi Sukuh, Museum Dayu dan Kolam Renang Intanpari saat ini masih ditutup sementara.

Kendati demikian, Titis optimis target PAD sektor pariwisata dapat tercapai hingga akhir tahun ini.

Dalam mengoptimalkan pemasukan daerah dari sektor pariwisata, pihaknya mengoptimalkan sewa aset yang dikelola dinas untuk mendongkrak pendapatan.

Dia mencontohkan, Makutoromo di Kecamatan Karangpandan saat ini telah disewakan dan itu dapat mendongkrak pendapatan asli daerah. Begitu juga kios yang berada di Waduk Plalar Kecamatan Kebakkramat nantinya juga akan disewakan apabila ada pihak yang berminat menyewa.

"Berdasarkan angka perubahan, kurun waktu September ini hingga akhir tahun diprediksi tercapai (target PAD)," ungkapnya. (Ais).

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved