Breaking News:

Beacukai Tanjungemas

Kronologi 342 Gram Sabu Diselundupkan di Barang Kiriman TKI Malaysia Diungkap Bea Cukai Tanjung Emas

Bea Cukai Tanjung Emas berhasil gagalkan upaya penyelundupan 342 gram Methampetamine (sabu) dari Malaysia melalui barang kiriman PT JKS Logistik.

Editor: rival al manaf
Dokumentasi Pribadi
Pengukapan kasus narkotika di Bea Cukai 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Bea Cukai Tanjung Emas berhasil gagalkan upaya penyelundupan 342 gram Methampetamine (sabu) dari Malaysia melalui barang kiriman PT JKS Logistik Indonesia (15/09/2021).

Ini merupakan penemuan kelima setelah sebelumnya Bea Cukai Tanjung Emas berhasil menggagalkan penyelundupan 1.002,21 gram, 148.3 gram, 441,21 gram dan 478 gram sabu dengan modus sama yakni dimasukkan dalam false compartment.

“Penindakan narkotika jenis sabu melalui barang kiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia menuju Madura Jawa Timur melalui Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini, merupakan hasil sinergi dari bersama tim gabungan Kanwil DJBC Jateng DIY beserta tim Direktorat Narkoba Polda Jawa Tengah dan Direktorat Narkoba Polda Jawa Timur” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Tanjung Emas, Anton Martin.

Baca juga: Pemuda Bantul Bunuh Tetangga: Pelaku Tiba-Tiba Blank, Balurkan Nasi ke Seluruh Tubuhnya dan Korban

Baca juga: Tim Sepakbola Putri Afghanistan Melarikan Diri Tinggalkan Negaranya, Kini Terdampar di Pakistan

Baca juga: Update Corona Wonosobo Hari Ini Kamis 16 September 2021: 14,523 Positif Covid, Jateng 477.895

Kronologi kejadian dimulai pada Senin (06/09/2021), dilakukan pembongkaran barang berupa Barang Kiriman dari Malaysia di Gudang PT JKS Logistik Indonesia.

Unit K-9 Kanwil DJBC Jateng dan D.I. Yogyakarta melakukan pelacakan terhadap barang kiriman asal Malaysia tersebut.

Berdasarkan respon K-9 pada koli tertentu, dilakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap koli dimaksud dan didapati barang berupa kristal putih bening yang dimasukkan kedalam kemasan berupa tas kecil warna abu-abu dengan berat +/- 342 gram.

Dari hasil pemeriksaan mendalam tersebut dilakukan pengujian dengan narkotest dengan hasil diduga narkotika.

Kemudian ditindaklakuti dengan pengujian sample pada Laboratorium BLBC KPPBC TMP Tanjung Emas kedapatan positif narkotika golongan I dengan jenis Metamphetamine (sabu) seberat 342 gram.

Anton Martin mengungkapkan “atas temuan tersebut dilakukan controlled delivery oleh tim yang terdiri dari Tim Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah, Polres Sumenep, bersama dengan Tim CNT Bea Cukai Kanwil Jateng DIY dan Tim CNT Bea Cukai Tanjung Emas”.

Dari proses controlled delivery pada hari Pada hari Rabu 8 September 2021, kurir pengiriman dari WIGP Logistik yang beralamat di Bojonegoro berangkat ke Madura untuk mengantarkan paket yang salah satunya berisi Barang Bukti (BB) dengan pendampingan dari tim.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved