Breaking News:

Berita Semarang

BPJAMSOSTEK Sosialisasikan Program ke Camat se-Kota Semarang

BPJAMSOSTEK cabang Semarang Pemuda gelar sosialisasi terkait jaminan sosial ketenagakerjaan kepada camat.

Penulis: Idayatul Rohmah | Editor: sujarwo
Tribun Jateng/Idayatul Rohmah
BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) cabang Semarang Pemuda melakukan sosialisasi terkait jaminan sosial ketenagakerjaan kepada camat di Kota Semarang di ruang rapat Awann Sewu Boutique Hotel Semarang, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) cabang Semarang Pemuda melakukan sosialisasi terkait jaminan sosial ketenagakerjaan kepada camat di Kota Semarang.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di ruang rapat Awann Sewu Boutique Hotel Semarang dengan mengajak perwakilan (camat) dari 16 kecamatan di Kota Semarang tersebut, Jumat (17/9/2021).

Kepala Kantor Cabang BPJAMSOSTEK Semarang Pemuda Teguh Wiyono menyatakan, sosialisasi dilakukan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh ketua RT maupun RW yang ada di Kota Semarang.

Sebagai lembaga pemerintah, menurutnya RW maupun RT juga perlu mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan sebab memiliki risiko pekerjaan.

"Sebagian besar pengurus RT maupun RW itu merupakan karyawan atau pegawai negeri juga, sehingga walaupun mereka sudah mendapat perlindungan sebagai karyawan ataupun PNS, sebagai RT kan belum. Kami hadir di situ untuk memberikan perlindungan kepada RT/RW," kata Teguh di sela-sela kegiatan sosialisasi.

Teguh memaparkan, sejauh ini iuran terkait perlindungan terhadap RT maupun RW tersebut masih dilakukan secara mandiri.

Untuk itu, pihaknya mendorong pemerintah agar nantinya iuran bisa dibayarkan melalui APBD.

"Terkait dengan penganggaran, kami berharap pemerintah memberikan perhatian terkait perlindungan ini terhadap RT maupun RW yang ada di kota Semarang," katanya.

Teguh menyebutkan, sampai saat ini sudah ada delapan RT yang turut bergabung menjadi peserta program ini. Nantinya, diharapkan seluruh RT di Kota Semarang dapat bergabung dalam program ini.

"Total RT lebih dari 10 ribu, dan yang sudah terdaftar ada sekitar 8 RT. Kami berharap pengurus RT maupun RW ini diberikan perlindungan seperti halnya pekerja lainnya. Dengan menambah kesejahteraan perlindungan, tentu ketika menjalankan aktivitas tidak perlu was-was terhadap risiko kecelakaan kerja maupun meninggal dunia," imbuhnya.

Camat di Kota Semarang menyambut antusias sosialisasi yang dilakukan BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda tersebut.

Camat Semarang Barat, Heroe Soekandar menuturkan, pihaknya akan menindaklanjuti pertemuan dengan melakukan sosialisasi baik kepada ketua RW maupun RT yang ada di Kecamatan Semarang Barat.

"Nanti malam kami akan mengundang sekaligus sosialisasi kepada RW untuk menyampaikan kepada ketua RT. Kami tawarkan kepada mereka, kalau ikut silakan, kalau tidak ya tidak ada paksaan. Menurut saya ini simpanannya ringan, jadi kalau bisa ikut semua karena bagus untuk jaminan," ungkapnya. (*)

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved