Breaking News:

Forum Guru

Forum Guru : Akankah Guru dan Sekolah Sukses Transisi ke PTM Terbatas?

Menjelang diizinkannya sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, banyak hal yang perlu diperhatikan setiap pemangku kepentingan.

Tribun Jateng/ Mahfira Putri Maulani
Ilustrasi Suasana Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 

Roly Cristi Tambunan

Training Spesialis Program PINTAR Tanoto Foundation Jawa Tengah

Menjelang diizinkannya sekolah untuk melakukan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas, banyak hal yang perlu diperhatikan setiap pemangku kepentingan. Satu di antara syarat bagi sekolah untuk menjalankan PTM terbatas adalah izin orangtua peserta didik.

Faktanya, saat ini masih banyak orangtua siswa yang belum setuju dengan PTM terbatas. Dalam hal ini, sekolah memiliki tanggung jawab besar menjamin peyelenggaraan PTM terbatas yang aman dan efektif.

Pemberlakuan PTM terbatas diharapkan dapat menghidupkan kembali semangat siswa dalam belajar. Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak kendala yang dialami oleh siswa, guru maupun orangtua selama proses pembelajaran daring. Kondisi pandemi covid-19 menjadikan proses pemerolehan pengetahuan menjadi tidak optimal.

Bagi siswa, PTM terbatas seolah menjadi jawaban kerinduan mereka dengan aktivitas belajar di sekolah. Banyak siswa yang mengaku sudah bosan dan rindu bertemu kembali dengan guru dan teman-teman mereka.

PTM terbatas juga turut menjadi kabar gembira bagi para guru. Sebagai pengajar, guru mengalami berbagai tantangan dalam pelaksanaan belajar daring yang berimbas pada terjadinya ketimpangan belajar. Tidak hanya keterbatasan gawai dari peserta didik, kendala jaringan, miskomunikasi saat siswa belajar mandiri juga menjadi permasalahan krusial.

Tantangan PJJ

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemendikbud menyampaikan, saat ini guru memiliki tiga tantangan riil PJJ.

Pertama mengenai waktu belajar yang sedikit dan berpengaruh pada kualitas pembelajaran.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved