Breaking News:

Berita Pekalongan

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit: Peran Kader Posyandu dan GSIB Tekan AKI AKB

Kader posyandu dan GSIB DPMPPA) Kota Pekalongan gelar Lomba Posyandu dan GSIB 2021 tingkat Kota Pekalongan.

Penulis: Indra Dwi Purnomo | Editor: sujarwo
Dok. Kominfo Kota Pekalongan
Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba posyandu dan GSIB 2021, di Ruang Jetayu Setda, Jumat (17/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam urusan kesehatan ibu dan anak, peran kader posyandu dan Gerakan Sayang Ibu dan Anak (GSIB), Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMPPA) Kota Pekalongan telah menggelar kegiatan Lomba Posyandu dan GSIB 2021 tingkat Kota Pekalongan.

Lomba diikuti oleh 22 peserta kader GSIB dari dua kecamatan yakni Kecamatan Pekalongan Selatan dan Barat. Sedangkan lomba Posyandu diikuti oleh 23 posyandu dari 27 kelurahan.

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya mengapresiasi kepada para kader dalam mendampingi pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan pada masa pandemi covid-19.

Meskipun layanan posyandu

Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba posyandu dan GSIB 2021, di Ruang Jetayu Setda, Jumat (17/9/2021).
Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya saat menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba posyandu dan GSIB 2021, di Ruang Jetayu Setda, Jumat (17/9/2021). (Dok. Kominfo Kota Pekalongan)

di masa pandemi sempat ditutup, tetapi para kader dengan semangat dan dedikasi yang tinggi tetap memberikan layanan kepada masyarakat salah satunya layanan kunjungan ke rumah dengan protokol kesehatan.

"Harapan saya kepada pemenang, dapat menjadi motivator baik di kecamatan dan kelurahan lain. Sehingga, kita semua dapat bersama-sama bergerak dalam upaya menekan AKI, AKB dan mencegah stunting," kata Ketua TP PKK Kota Pekalongan Inggit Soraya usai penyerahan penghargaan lomba posyandu dan GSIB 2021, di Ruang Jetayu Setda, Jumat (17/9/2021).

Sementara itu, Plt Kepala DPMPPA, Soesilo mengatakan, bahwa lomba posyandu dan GSIB bertujuan untuk melihat perkembangan percepatan penurunan AKI dan AKB di Kota Pekalongan serta upaya pencegahan stunting pada anak.

"Lomba GSIB telah dilakukan mulai 16 April - 8 Juni 2021 dan lomba posyandu pada 19 Agustus - 1 September 2021."

"Kami berharap para kader terus semangat berperan dalam memberikan layanan kesehatan bagi ibu dan anak. Upaya tersebut dilakukan sejak ibu hamil hingga pasca melahirkan," katanya.

Adapun pemenang lomba posyandu diberikan kepada Kelurahan Jenggot sebagai juara I, juara II Kelurahan Sapuro Kebulen, Juara III Kelurahan Pringrejo, dan Harapan I yakni Kelurahan Buaran Kradenan.

Selanjutnya, pemenang lomba GSIB tingkat kecamatan yakni juara I Kecamatan Pekalongan selatan dan Juara II Kecamatan Pekalongan Barat.

Untuk lomba GSIB tingkat kelurahan diantaranya Kelurahan Jenggot sebagai Juara I, Juara II Kelurahan Bendan Kergon, Juara III Kelurahan Tirto, dan Harapan I Kelurahan Padukuhan Kraton. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved