Breaking News:

Berita Jawa Tengah

Kemenkumham Jateng Lakukan Langkah Progresif Evakuasi Kapal Pengayoman IV di Perairan Nusakambangan

Kemenkumham Jawa Tengah langsung melakukan langkah progresif atas tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Nusakambangan.

Penulis: m zaenal arifin | Editor: M Syofri Kurniawan
Dok. Kemenkumham Jawa Tengah
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin, usai melakukan konsolidasi terkait tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Nusakambangan, Cilacap, Sabtu (18/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, CILACAP - Kantor Kementerian Hukum san HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah langsung melakukan langkah progresif atas tenggelamnya Kapal Pengayoman IV di Perairan Nusakambangan, Cilacap, pada Jum'at (17/9/2021) kemarin.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah,  A. Yuspahruddin, langsung melakukan pertemuan dengan sejumlah Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Jawa Tengah, di ruang pertemuan Gedung Dermaga Wijayapura Nusakambangan, Sabtu (18/9/2021).

Dalam pertemuan tersebut, juga diikuti Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Cilacap Capt. Purgana, dan General Manager PT. Pelindo III (Persero) Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Sutopo.

Baca juga: Video Viral Kapal Pengayoman IV Cilacap Terbalik 2 Tewas 5 Selamat

Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, A. Yuspahruddin mengatakan, konsolidasi dengan otoritas terkait tersebut digelar dalam rangka penanganan lalu lintas di Perairan Nusakambangan serta evakuasi bangkai kapal Pengayoman IV dan truk yang tenggelam.

"Saat ini masih proses pencarian dan evakuasi dengan dibantu Polres Cilacap, Lantamal Cilacap, Basarnas, Kodim 0703/Cilacap, Polair, KSOP, untuk mencari tempat di mana truk itu berada," kata Yuspahruddin, dalam rilisnya.

Dari hasil pencarian, lokasi truk yang tenggelam bersamaan dengan Kapal Pengayoman IV milik Kemenkumham RI telah ditemukan.

"Kemudian nanti dilakukan evakuasi terhadap truk itu, sehingga perairan ini, pelayaran bisa berjalan lancar kembali," ucapnya.

Dalam evakuasi truk, Kemenkumham Jawa Tengah bekerjasama dengan KSOP, Pelindo, Pertamina dan PT SBI. Ia berharap, dari kerjasama tersebut berhasil mengevakuasi truk yang berada di dalam laut.

Sementara itu, Kepala KSOP Capt. Purgana menyatakan, kesiapan untuk memberikan bantuan kepada Kemenkumham dari sisi teknis.

Ia juga menjelaskan langkah konkrit yang akan dilakukan pihaknya. Ia pun percaya proses evakuasi berjalan lancar.

"Kalau untuk kapalnya sendiri itu sudah kelihatan dan tidak mengganggu alur.

Tinggal ada beberapa truk dan mobil yang harus kita cari posisinya ada di mana.

Memang karena alur pelayaran disini cukup rendah, 10,4 meter," ungkapnya.

Dia berharap rencana evakuasi berjalan sesuai rencana, mengingat kondisi cuaca di perairan Nusakambangan saat ini cukup baik.

"Biar kita tahu posisi muatan itu ada di mana, sehingga pada akhirnya saya akan mengevaluasi bisa masuk atau tidak kapal-kapal yang akan menuju ke Pertamina atau area pulau atau untuk pelabuhan umumnya PT Pelindo," tandasnya. (Nal)

Baca juga: Lakukan Patroli, TNI Sebut Kapal Perang China di Natuna Hanya Melintas

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved