Breaking News:

Berita Kendal

387 Anak di Kendal Jadi Yatim, Orangtua Meninggal karena Corona

DP2KBP2PA Kendal mencatat 387 anak menjadi yatim karena orangtuanya meninggal terpapar Covid-19.

Penulis: Saiful Ma'sum | Editor: Daniel Ari Purnomo
IST
Bupati Kendal Dico M. Ganinduto memberikan penghargaan pada pemenang lomba Tilawatil Qur’an kepada juara, termasuk pemberian santunan anak yatim. 

TRIBUNJATENG.COM, KENDAL - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA) Kendal mencatat 387 anak menjadi yatim karena orangtuanya meninggal terpapar Covid-19.

Dampak tersebut menjadi perhatian pemerintah kabupaten/kota dan provinsi untuk memperhatikan kelanjutan pendidikan anak setelah orangtuanya tiada.

Kepala DP2KBP2PA Kendal, Asrifah mengatakan, pihaknya sempat kesulitan mencari data anak yang ditinggal mati orangtuanya karena terpapar Covid-19.

Melalui bidan desa, Asrifah mendapatkan 387 anak yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

Pada tahap pertama, sebanyak 59 anak yatim mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah senilai Rp 140.000 per paket dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jateng dan Baznas Kendal.

"Pada tahap awal ini, kita ajukan 59 anak mendapatkan bantuan perlengkapan sekolah. Khususnya yang masih usia anak, dari keluarga kurang mampu, dan ditinggal mati bapaknya selaku tulang punggung keluarga karena Covid-19," terangnya usai menghadiri penyerahan bantuan di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Senin (20/9/2021).

Ke depannya, Asrifah berjanji akan berkolaborasi dengan Dinas Sosial, dan Baznas kabupaten atau provinsi agar ada kelanjutan pembiayaan sebagai penunjang pendidikan anak. 

Berbagai terobosan akan diupayakan agar anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19 bisa meneruskan sekolahnya, tidak putus pendidikan di tengah jalan. 

Wakil Ketua Bidang Pengumpulan Zakat dan Infaq Baznas Kendal, Nunuk Sarah Zaenubia mengatakan, pada tahap awal ini, 59 paket bantuan diberikan kepada anak-anak.

Terdiri dari 34 paket dari Baznas Provinsi Jawa Tengah, dan sisanya dari Baznas Kendal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved