Breaking News:

Gaikindo Apresiasi Perpanjangan Insentif PPnBM Otomotif

Gaikindo menilai insentif tersebut bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19.

Editor: Vito
TRIBUN JATENG/RIVAL ALMANAF
ilustrasi - peluncuran mobil Toyota 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengapresiasi perpanjangan masa berlaku diskon 100 persen Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sektor otomotif hingga akhir 2021.

Melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 120/PMK 010/2021, besaran insentif diskon PPnBM kendaraan bermotor yang semula diberikan dari Maret hingga Agustus 2021, diperpanjang menjadi hingga Desember 2021.

Pemerintah beralasan, kebijakan itu untuk mendorong penjualan mobil, sehingga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia.

Adapun, insentif yang diperpanjang antara lain PPnBM DTP 100% untuk segmen kendaraan bermotor penumpang berkapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc, PPnBM DTP 50 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x2 berkapasitas mesin di atas 1.500 cc-2.500 cc, serta PPnBM DTP 25 persen untuk kendaraan bermotor penumpang 4x4 berkapasitas mesin di atas 1.500 cc-2.500 cc.

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto menyambut baik keputusan pemerintah yang akhirnya memperpanjang masa berlaku relaksasi PPnBM di sektor otomotif. Pasalnya, insentif tersebut bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi covid-19.

“Mudah-mudahan penjualan dan produksi otomotif beserta komponennya dapat terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang mengalami kenaikan. Terdapat juga lonjakan mulai dari Maret 2021 yang artinya daya beli masyarakat masih ada,” katanya, Senin (20/9).

Ia juga memastikan, Gaikindo tidak melakukan perubahan atas target penjualan mobil nasional di sisa tahun ini, terlepas dari adanya perpanjangan insentif PPnBM. Artinya, penjualan mobil nasional tetap diproyeksikan sebesar 750.000 unit di tahun ini.

Sebagai informasi, penjualan mobil nasional untuk kategori wholesales (pabrik ke dealer) mencapai 543.424 unit di periode Januari-Agustus 2021.

Adapun penjualan mobil nasional di kategori retail (dealer ke konsumen) telah mencapai 527.694 unit pada periode yang sama. (Kontan.co.id/Siti Masitoh/Dimas Andi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved