Breaking News:

Berita Semarang

Polda Jateng Nyatakan Penanganan Kasus Transfer Dana Palsu Telah Memenuhi Prosedur

Polda Jateng nyatakan penanganan terhadap 13 tersangka kasus transfer dana palsu telah memenuhi prosedur.

Penulis: rahdyan trijoko pamungkas | Editor: sujarwo

TRUBUNJATENG.COM, SEMARANG - Polda Jateng menyatakan penanganan terhadap 13 tersangka kasus transfer dana palsu melalui mesin ATM Bank Jateng di Pati telah memenuhi prosedur.

Hal ini dinyatakan tim kuasa hukum Polda Jateng, AKP Ibnu Suka saat membacakan jawaban atas penggugat di Pengadilan Negeri Semarang, Senin (20/9/2021).

Ibnu mengatakan penyelidikan berawal adanya surat pengaduan dari ketua tim digital banking Divisi jaringan dan jasa layanan Bank BPD Jateng kantor pusat dan timnya pada 15 Mei 2020 lalu.

Kemudian Polda Jateng mengeluarkan disposisi penanganan pengaduan pada 26 Mei 2020 lalu.

"Selanjutnya dilakukan analisis surat aduan tersebut dan setelah dilakukan analisis termohon memandang perlu untuk dilakukan penyelidikan. Kemudian Surat perintah penyelidikan dan surat tugas pada 5 Juni 2020," jelasnya.

Pihaknya telah mencari dan menemukan pihak-pihak terkait untuk dimintai keterangan maupun informasi dan data.

"Hasilnya meminta keterangan dari pihak pengadu Bank Jateng dan BCA. Dari hasil pemeriksaan termohonan mendapatkan informasi,data,dokumen, dan surat," terangnya.

Setelah dilakukan penyelidiakan, Polda Jateng membuat Laporan Hasil Penyelidikan (LHP) tanggal 15 Juli 2020. Kemudian dari LHP tersebut dilakukan gelar perkara.

"Perkara tersebut terdapat peristiwa pidana dan dapat dilakukan penyidikan. Selanjut termohon mengeluarkan laporan polisi pada 2 September 2020. Kemudian diterbitkan surat perintah penyidikan pada 14 September 2020 ," jelas dia.

Dikatakannya, memanggil dan memeriksa saksi dari pelapor baik bank Jateng maupun BCA. Kemudian melakukan pemanggilan dan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) pendahuluan terhadap terlapor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved