Breaking News:

Liputan Khusus

Sekda Kota Semarang: Cukup Banyak ASN Terkena Sanksi, Hampir Tiap Hari Ada Laporan ke meja Pak Wali

ekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, tengah mempelajari PP tersebut dan siap menerapkan di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

TRIBUNNEWS
Ilustrasi PNS 

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG -- Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengatakan, tengah mempelajari PP tersebut dan siap menerapkan di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Dia menyebutkan, ada beberapa perubahan diantaranya mengenai larangan serta pejabat yang berwenang menghukum.

Perubahan paling substansial yakni semula ASN tidak hadir selama 46 hari dalam akumulasi satu tahun baru dikenai hukuman, kini ASN tidak hadir 28 hari tidak berturut-turut dalam akumulasi satu tahun atau 10 hari berturut-turut tanpa keterangan langsung dikenai sanksi hukuman disiplin.

Perubahan selanjutnya berkaitan dengan pimpinan. Apabila pimpinan tidak memberikan hukuman bagi pegawai yang melanggar, maka sanksi berat juga dikenakan kepada pimpinan.

"Nanti ada pemeriksaan kaitan dengan pelanggaran disiplin. Setiap pelanggaran kami proses dan memanggil yang bersangkutan," terang Iswar, Minggu (19/9).

Selama pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang sendiri menerapkan sistem bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Meski WFH, hal itu tidak mengurangi produktifitas ataupun kinerja ASN. Monitoring pegawai yang WFH tetap dilakukan oleh masing-masing pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD).

Selama 2021, tercatat tidak ada ASN yang menerima sanksi berupa pemecatan.

Namun, cukup banyak ASN yang mendapatkan sanksi ringan hingga sedang karena beberapa alasan, semisal, absensi, laporan dari masyarakat karena tidak melakukan pelayanan dengan baik, dan meminta imbalan dalam bekerja alias meminta pungutan.

"Jumlahnya saya tidak paham berapa, namun cukup banyak ASN yang terkena sanksi. Hampir setiap hari kepegawaian naik ke meja Pak Wali," bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved