Berita Regional

Setelah Kecelakaan Bus Karyawan RSUD Kota Semarang, Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Wisata

Setelah peristiwa kecelakaan bus rombongan wisata karyawan RSUD Kota Semarang di  Karangmojo Gunungkidul, Pemkab setempat memperketat pengawasan obyek

Editor: m nur huda
TribunJogja.com/Istimewa
Bus berplat Salatiga (H) yang membawa rombongan wisatawan mengalami kecelakaan di Gunung Kidul, Sabtu (18/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, YOGYAKARTA - Setelah peristiwa kecelakaan bus rombongan wisata karyawan RSUD Kota Semarang di  Karangmojo Gunungkidul, Pemkab setempat memperketat pengawasan obyek wisata yang masih tutup.

Sebagaimana diketahui, bus rombongan karyawan RSUD Kota Semarang terguling seusai berkunjung ke Goa Tanding, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo.

Tim Pengendalian Pengawasan Penegakan Hukum (Dalwasgakum) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan meningkatkan pemantauan lokasi wisata yang hingga kini masih ditutup.

Kepala Bidang Penegakkan Perda Satuan Polisi Pamong Praja Gunungkidul, Sugito menyampaikan, selama PPKM kawasan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul masih belum boleh menerima kunjungan.

Baca juga: Bus Plat H Rombongan Wisatawan Kecelakaan di Gunungkidul, Penumpang Dievakuasi Ke RS

Pihaknya terus berpatroli untuk mengantisipasi pengunjung yang nekat.

Selama ini fokus utama masih kawasan pantai karena banyak dikunjungi wisatawan, selain itu juga minimnya personel belum semua destinasi wisata.

Pihaknya akan meningkatkan pengawasan selain kawasan pantai, termasuk kawasan wisata gua.

"Mungkin sekali (meningkatkan pengawasan destinasi non pantai), apalagi ini ada kejadian (kecelakaan bus)," kata Sugito saat dihubungi Senin (20/9/2021).

Dijelaskannya, untuk mekanisme apakah kawasan wisata diperbolehkan buka atau tidak itu wewenang Dinas Pariwisata Gunungkidul.

Pihaknya memantau di kawasan wisata terkait apakah menjalankan peraturan atau tidak.

"Buka atau tidak itu dari dinas pariwisata, kalau ada pelanggaran baru kami," kata Sugito.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menyesalkan wisatawan yang nekat ke kawasan wisata yang masih ditutup.

Hal ini menyusul kecelakaan yang melibatkan wisatawan seusai berkunjung ke kawasan Gua Tanding, Kalurahan Bejiharjo, Karangmojo.

"Sudah kita imbau, pelaku wisata jika destinasi belum boleh dibuka, cukup disayangkan aktivitas di masa pandemi masih dilakukan oleh teman-teman operator," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono saat dihubungi melalui sambungan telepon Minggu (19/9/2021).

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved