Breaking News:

Berita Jepara

Bupati Jepara Tegaskan Pemkab Komitmen Siapkan Anggaran Pilkada 2024

Bupati Jepara ungkapkan jika pemkab berkomitmen siapkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

Penulis: Muhammad Yunan Setiawan | Editor: sujarwo
Humas Pemkab Jepara
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menerima audiensi KPU Jepara di ruang kerjanya, Senin (20/9/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JEPARA - Bupati Jepara Dian Kristiandi mengungkapkan jika pemerintah kabupaten berkomitmen menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024. 

Menurutnya, Pemkab Jepara mulai 2022 akan mengalokasikan anggaran untuk pilkada di Kota Ukir.

"Pilkada memang butuh persiapan matang, baik soal data pemilih yang sangat dinamis. Belum lagi soal anggaran tentu akan ada dinamika. Akan tetapi kita komitmen untuk menyiapkan itu," kata Dian Kristiandi saat menerima audiensi KPU Jepara di ruang kerjanya, Senin (20/9/2021).

Berdasarkan kajian Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), lanjut dia,  anggaran pilkada akan dianggarkan pada 3 tahun anggaran mulai 2022.

Untuk tahun 2022 akan dianggarkan sebanyak Rp 20 miliar.

Begitu juga untuk tahun 2023 sebanyak Rp 20 miliar.

Sedangkan sisanya dianggarkan pada tahun 2024. 

"Kita minta KPU untuk melakukan perencanaan yang matang untuk penyelenggaraan pilkada ini, termasuk konsekwensi anggarannya," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jepara Subchan Zuhrie menyampaikan jika berdasarkan undang-undang, maka pilkada serentak akan digelar pada November 2024. 

Kendati saat ini belum diputuskan tanggal pastinya, namun tahapan akan segera dimulai pada tahun 2022 mendatang. 

"Beberapa waktu lalu kita memang sudah mengajukan usulan untuk penyelenggaraan pilkada. Akan tetapi untuk asumsi pilkada dilakukan pada 2022. Sedangkan untuk pilkada 2024 akan kita hitung ulang kebutuhannya, termasuk soal anggarannya," imbuh Subchan.

Untuk pilkada tahun 2014, lanjut Subchan, jumlah pemilih diproyeksikan berjumlah 971.589 pemilih dengan jumlah 2449 TPS.

"Untuk itu kami mohon setelah ini untuk dilakukan pembahasan anggaran  dan kita diberikan waktu menyusun kembali rancangan anggaran untuk pilkada 2024,” jelas dia. (*)

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved