Breaking News:

Berita Nasional

Mulai Hari Ini Anak di Bawah 12 Tahun Sudah Boleh Masuk Mal di Semarang

Anak di bawah usia 12 Tahun boleh masuk mal atau pusat perbelanjaan. Kebijakan tersebut berlaku di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta,

Editor: m nur huda
Tribun Jateng / Iwan Arifianto 
Pengunjung mal Paragon Semarang di pintu depan saat pengunjung harus scan barcode aplikasi PeduliLindungi, Kota Semarang,Sabtu (28/8/2021). 

TRIBUNJATENG.COM, JAKARTA - Pemerintah membuat beberapa kelonggaran selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) level 2-4 di wilayah Jawa-Bali terhitung 21 September-4 Oktober 2021. 

Satu di antaranya anak di bawah usia 12 Tahun boleh masuk mal atau pusat perbelanjaan.

Kebijakan tersebut berlaku di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DI Yogyakarta, dan Surabaya.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Luhut: Pintu Masuk Indonesia Jalur Laut hanya 2, Batam & Tanjung Pinang

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pelonggaran itu merupakan tanda pandemi Covid-19 semakin membaik.

"Alhamdulillah berarti itu tandanya (pandemi) Jakarta semakin baik, semakin aman, Covid-nya semakin turun," ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (20/9/2021).

Riza mengatakan, sekalipun anak-anak di bawah usia 12 tahun diizinkan masuk mal dengan pengawasan orangtua, namun tidak lantas harus berbondong-bondong untuk pergi ke mal.

Dia meminta agar warga Jakarta tetap mengurangi mobilitas. Tempat terbaik di masa pandemi adalah dengan berdiam diri di rumah.

"Jadi kami minta tetap di rumah, justru di masa pelonggaran ini potensi orang keluar rumah meningkat, potensi kerumunan meningkat, pada akhirnya potensi orang tertular juga bisa meningkat," ujar dia.

Sebelumnya pemerintah kembali melanjutkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2-4 di wilayah Jawa-Bali terhitung 21 September-4 Oktober 2021. 

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan terdapat beberapa penyesuaian yang diberlakukan, salah satunya adalah uji coba pembukaan mal untuk anak di bawah usia 12 tahun.

"Dilakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mal bagi anak-anak di bawah usia 12 tahun dengan pengawasan dan pendampingan orangtua yang diterapkan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, DIY, dan Surabaya," ujar dia. (Penulis : Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Mal, Wagub DKI: Tanda Pandemi di Jakarta Membaik"  

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved